Sabtu, 23 Februari 2019

Pemkab Serang Cek Ratusan Kendaraan Dinas

SERANG, (KB).- Ratusan kendaraan dinas (randis) aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dicek atau diperiksa, Senin (14/1/2019).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Serang tersebut, untuk mengevaluasi kondisi kendaraan sebelum dilakukan cek fisik oleh Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Banten. Pengecekan dilakukan oleh dua tim yang masing-masing memeriksa kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantauan Kabar Banten, para petugas mengecek satu per satu dengan teliti setiap kendaraan tersebut, mulai dari STNK hingga fisik kendaraan.

Kasi Penatausahaan dan Pemanfaatan Aset pada BPKAD Kabupaten Serang, Tatang mengatakan, pengecekan randis tersebut, dilakukan di 29 kecamatan dan 27 badan atau dinas sejak Kamis hingga Kamis (17-31/1/2019). Namun, di hari pertama ini baru dilaksanakan di empat organisasi perangkat daerah (OPD).

“Yang dicek, antara lain kondisi fisik, pemegang itu sendiri, dan pajaknya mati atau tidak,” katanya kepada Kabar Banten.

Disinggung mengenai adanya randis yang rusak, dia menuturkan, Pemkab Serang tentunya sudah menganggarkan untuk perawatan. “Nanti ada perawatan,” ujarnya.

Sementara, Auditor Muda pada Inspektorat Kabupaten Serang, Irman Irmawan mengatakan, pemeriksaan tersebut sebagai bahan evaluasi Pemkab Serang. Sebab, nantinya dari BPKP juga akan melaksanakan pemeriksaan fisik.

“Jadi, kami mengawali sebagai bahan tindak lanjut, bahwa kami sudah siap. Hanya itu tujuannya untuk evaluasi kami,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk sementara dari hasil pemeriksaan baru tercatat dua kendaraan yang rusak ringan, sedangkan untuk pajak masih belum dievaluasi, sebab masih ada tenggat waktu Senin hingga Senin (14-21/1/2019). “Setelah Senin (21/1/2019) kami evaluasi dan hasilnya dilaporkan ke bupati,” tuturnya

Ia menjelaskan, total kendaraan yang akan diperiksa sekitar 300 unit, terdiri dari kendaraan roda dua dan roda empat. “Sekitar 300 unit untuk Setda saja, ini satu hari (pemeriksaan) dibagi dua untuk Setda dan BPKAD. Ini roda dua dan empat. Ini pemeriksaan rutin,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk item yang diperiksa, antara lain pajak, kondisi kendaraan, dan pemegang kendaraan sesuai atau tidak. “Hasilnya belum bisa kasih tahu berapa, karena masih basnyak yang harus diperiksa. Hari ini (kemarin) kan tidak terkumpul semua, karena ada kegiatan,” ujarnya. (DN)*


Sekilas Info

Pendaftar Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Banten Membeludak

SERANG, (KB).- Pendaftar seleksi calon Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten periode 2019-2023 membeludak. Sampai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *