Pemkab Serang Ajukan Penambahan Kuota 100 CASN

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengajukan penambahan kuota penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) sebanyak 100 orang. Sebelumnya, pemkab mengajukan kuota 362 CASN sesuai jumlah yang pensiun, dengan pengajuan penambahan tersebut, total kuota yang diusulkan sekitar 462 CASN.

Kepala Bidang Pengembangan Karier pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan, pemkab mengajukan penambahan kuota 100 CASN ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Awalnya sesuai arahan dari BKD provinsi pengajuan kuota sesuai dengan jumlah yang pensiun, kami kan jumlah yang pensiun 362 orang, kemudian minta penambahan kuota 100 orang, jadi total yang diajukan 462 CASN,” katanya saat dihubungi Kabar Banten, Rabu (18/7/2018). Ia berharap, kuota yang diberikan Kemenpan-RB lebih dari pengajuan, karena Pemkab Serang kekurangan banyak pegawai dengan diberlakukannya moratorium penerimaan CASN beberapa tahun.

“Ya harapannya bisa lebih dari itu, karena kami butuh banyak pegawai, seperti di kecamatan luar biasa kami kekurangan pegawainya. Pendidikan kesehatan kurang banget kami. Mudah-mudahan dengan penjelasan bupati secara langsung ke Kemenpan pengajuan diakomodir. Kebutuhan Kabupaten Serang sudah dijelaskan langsung oleh ibu bupati ke Menpan,” tuturnya.

Pengajuan penambahan kuota 100 CASN tersebut, menurut dia, sesuai formasi kebutuhan, di antaranya ada untuk tenaga administrasi, tenaga akuntansi, tenaga teknis, dan kesehatan guru. “Begitu juga yang pengajuan awal itu untuk guru, tenaga kesehatan, karena itu yang paling dibutuhkan banyak, sebab banyak yang pensiun,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kuota awal 362 orang tersebut pengajuannya melalui provinsi, karena hasil rapat provinsi dengan Menpan seperti itu. “Nah, yang pengajuan penambahan 100 ini juga diketahui provinsi, karena tetap kalau surat kan mekanismenya tembusan ke provinsi. Jadi, tembusan saja, bahwa kami koordinasi dengan BKN,” ucapnya.

Sekarang, kata dia, pihaknya masih menunggu kepastian dari Kemenpan-RB disetujui atau tidak pengajuan kuota dari Kabupaten Serang. “Kemarin kami mengajukan penambahan itu belum ada penetapan dari Kemenpan, jadi belum tahu berapa kuota untuk Kabupaten Serang,” ucapnya.

Sementara, terkait peroses penerimaan CASN, dia mengatakan, untuk transparansinya semua tahapan dan persyaratan akan diumumkan. “Semua formasi, persyaratan, dan segala macamnya itu akan diumumkan, pokoknya di setiap tahapan seleksi kan wajib diumumkan, semua tahapan diketahui,” ujarnya.

Untuk sistem tes penerimaannya, tutur dia, sementara arahan dari BKN seperti 2014, yaitu tesnya menggunakan computer assisted test (CAT). “Tapi, kemarin saya baca berita katanya Menpan sedang merumuskan lagi, untuk lebih meningkatkan transparansinya,” katanya. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here