Pemkab Pandeglang Raih Penghargaan HAM

PANDEGLANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang berturut-turut meraih penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan ini diterima yang ketiga kalinya tahun 2017, 2018 dan 2019.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI Mualimin Abdi kepada Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban dalam acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-71 di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa (10/12/2019).

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban merasa sangat bersyukur atas capaian tersebut, sehingga mendapatkan penghargaan.

“Alhamdulillah, kita syukuri hasil ini. Saya apresiasi atas kinerja OPD yang saling berbagi tugas dan berkolaborasi sehingga Pandeglang 3 kali berturut-turut masuk dalam jajaran Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia,” katanya.

Namun demikian, lanjut Tanto, keberhasilan tersebut jangan membuat lalai, sehingga harus terus dipertahankan.

“Jangan sampai dengan penghargaan ini kita terlena dan merasa berpuas diri. Kita tetap harus mempertahankan dan semakin meningkatkan penilaian HAM tersebut untuk lebih baik lagi,” tuturnya.

Hal hampir senada disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ramadani. Menurut Ramadani, penilaian HAM Pandeglang sudah baik.

“Skor kita rata-rata sudah di atas angka 70. Hanya ada beberapa OPD yang nilainya di bawah 70, itulah yang akan kami dorong supaya nilainya bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Terkait dengan peningkatan kriteria HAM, Ramadani menjelaskan, ke depannya difokuskan kepada pelayanan dasar yang bersinggungan langsung dengan hak asasi manusia.

“Ke depan akan ditingkatkan lagi sarana bermain untuk anak, ruang khusus menyusui, dan pembuatan jalur khusus bagi warga penyandang disabilitas,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here