Pemkab Pandeglang Anggarkan Rp 250 Juta untuk Beasiswa Kedokteran

PANDEGLANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menganggarkan Rp 250 juta untuk beasiswa program pendidikan kedokteran untuk lima orang. Beasiswa kedokteran tersebut guna mendukung terpenuhinya tenaga medis di Pandeglang.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, beasiswa tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pandeglang, untuk menempuh kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten.

“Kami berharap ada perwakilan anak yang golongan ekonominya rendah tetapi memiliki prestasi. Karena ini juga biayanya dibebankan kepada APBD, kami sudah bahas itu,” kata Irna, Ahad (14/7/2019).

Menurut Irna, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang sudah siap untuk menggelontorkan Rp 250 juta per tahun dari APBD untuk lima orang.

“Saya mendukung sekali, apalagi kalau kita punya anak-anak lulusan kedokteran yang bisa mengabdi di Pandeglang. APBD kita sudah siap, walaupun tidak tercapai lima setidaknya ada yang bisa mewakili,” ujarnya.

Namun menurut Irna, saat ini banyak siswa-siswi yang ada di Banten, tetapi lebih memilih untuk melanjutkan sekolah ke luar.

“Mereka inginnya di universitas bergengsi, kenapa mereka ingin ke luar dari Pandeglang, harus ke Jakarta dan luar kota lainnya. Sementara universitas bergengsi di Banten pun ada,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Olis Solihin mengatakan hal yang berbeda. Menurutnya, beasiswa untuk program pendidikan kedokteran baru wancana saja.

“Baru wacana saja. Jadi di surat yang pertama itu pihak Untirta meminta kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyiapkan beasiswa untuk lima orang,” ucap Olis.

Olis menyampaikan, untuk pembiayaan yang harus di keluarkan bagi masing-masing peserta didik mencapai Rp 22 juta per semester sedangkan untuk institusi Rp 125 juta.

“Jadi per orang itu yang harus di biayai oleh APBD seorang per semester Rp 22 juta. Jadi uang pembangunannya itu Rp 125 juta dibayar sekali,” tuturnya. (Ade Taufik/IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here