Pemkab Lebak Usulkan Dua KEK

Yosep M. Holis, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak.*

LEBAK, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak mengusulkan 2 (dua) kawasan ekonomi khusus (KEK) di Kabupaten Lebak. Dua KEK yang diusulkan adalah KEK industri terpadu dan KEK pariwisata Geopark Bayah Dome.

Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak, Yosep M. Holis mengatakan, surat usulan Bupati sudah dilayangkan dan hanya tinggal menunggu ekspose.

“Untuk KEK industri terpadu, alhamdulillah kita akan dilalui Tol Serang-Panimbang dan salah satu gerbang tol (GT) ada di Kecamatan Cikulur dan Cileles. Setelah kami kaji, kami akan ploting di Pasindangan Cileles,” kata Yosep melalui sambungan selulernya, Jumat (28/2/2020).

Sementara, untuk Geopark Bayah Dome, kata Yosep, kajiannya sudah hampir rampung. Hasil kajiannya menyebut jika Geopark Bayah Dome masuk dalam kandidat 80 warisan geologi kawasan Nasional.

“Bahkan diakui UNESCO. Makanya, kami juga ajukan juga Geopark Bayah Dome,” ujar Yosep.

Keberadaan KEK diharapkan bakal menjalin kemitraan antara industri besar dan kecil. Kawasan ekonomi khusus juga diharapkan memberikan trickle down effect ke wilayah-wilayah penyangga.

“Karena KEK ini kebanyakannya adalah investasi penanaman modal asing, maka kita kolaborasikan dengan material yang ada di Lebak, agar terjalin kemitraan industri besar dan kecilnya,” jelas Yosep. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here