Pemkab Lebak Terapkan Penguatan Kinerja

LEBAK, (KB).- Pemkab Lebak menerapkan delapan program penguatan kinerja aparatur pemerintah. Program tersebut tertuang dalam penyusunan Roadmap reformasi birokrasi yang akan digambarkan selama lima tahun ke depan.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, dalam perkembangan pelaksanaan reformasi di bidang birokrasi sedang mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan reformasi bidang politik, ekonomi, dan hukum. Oleh karenanya, pada tahun 2004 pemerintah telah menegaskan kembali akan pentingnya penerapan prinsip-prinsip Clean Government dan Good Governance.

“Dalam hal ini, kami akan menerapkan delapan program penguatan kinerja yang akan digambarkan dengan kurun waktu selama lima tahun ke depan,” kata Iti Octavia Jayabaya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi Pemkab Lebak di Aula Multatuli Setda Lebak, Rabu (6/3/2019).

Menurut dia, salah satu tonggak pentingnya pelaksanaan reformasi birokrasi pada pemerintah daerah yakni, mulai dari roadmap reformasi birokrasi pemerintah daerah. Dimana, roadmap reformasi birokrasi ini merupakan rencana kerja rinci dan berkelanjutan yang menggambarkan pelaksanaan reformasi birokrasi dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

“Beberapa prinsip yang diperlukan, yaitu untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Program utama yang dilakukan pemerintah adalah membangun aparatur negara melalui penerapan reformasi birokrasi,” ujarnya.

Iti menyatakan, bukti keseriusan pemerintah dalam penyelenggaraan reformasi birokrasi, yaitu dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 81 Tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010 – 2025. Perpres ini telah ditindaklanjuti dengan Permenpan-RB Nomor: 37 Tahun 2013 tentang pedoman penyusunan roadmap reformasi birokrasi pemerintah daerah.

Selain itu, saat ini telah diterbitkan Permendagri Nomor: 135 tahun 2018 tentang percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan pemerintah daerah melalui kebijakan regulasi tersebut.

Untuk itu, lanjut Bupati Iti, pemerintah daerah harus segera menindaklanjutinya dengan membentuk tim reformasi birokrasi pemerintah daerah, dan menyusun roadmap reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Lebak tahun 2019-2024.

“Melalui Bimtek ini, marilah kita berpacu dengan waktu, dan singsingkan lengan baju dan berpikir optimistis serta profesional untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lebak yang kita cinta,” katanya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here