Pemkab Lebak Siapkan Cadangan Beras 100 Ton

PEGAWAI Dinas Ketapang menujukkan beras cadangan pangan daerah. Pada perubahan anggaran tahun 2019, cadangan beras dialokasikan sebanyak 100 ton.*

LEBAK, (KB).- Pemkab Lebak saat ini telah mempersiapkan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) untuk kebencanaan dan mengantisipasi terjadinya kerawanan pangan kronis. CPPD yang dipersiapkan berupa beras sebanyak 100 ton pada perubahan anggaran tahun 2019.

Plt Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Lebak Rahmat Yuniar mengatakan, Pemkab Lebak telah menyiapkan CPPD untuk ketersediaan kebencanaan serta kerawanan pangan kronis sebanyak 100 ton beras. Persediaan CPPD itu dialokasikan dari anggaran perubahan tahun 2019.

“Jadi itu untuk mengantisipasi jika ada bencana, seperti banjir dan longsor dan lainnya. Termasuk jika terjadi kerawanan pangan kronis,” ucapnya.

Menurutnya, kerawanan pangan kronis bisa terjadi disaat memasuki musim kemarau panjang dan gagal panen serta konflik sosial. Untuk itu, pemerintah daerah mengalokasikan CPPD sebagai bentuk antisipasi. Tetapi, untuk sementara beras itu dititipkan kembali di Perum Bulog.

“Jika nanti diperlukan bisa diambil untuk didistribusikan kepada masyarakat,” katanya.

Untuk kebutuhan ketersediaan CPPD Kabupaten Lebak sebanyak 540 ton, dan realisasinya dilakukan secara bertahap akibat keterbatasan anggaran. Selama ini, ketersediaan CPPD relatif aman dan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.

“Kami menjamin untuk kebutuhan logistik pangan cukup empat bulan ke depan berdasarkan data produksi yang ada di Dinas Ketahanan Pangan,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here