Sabtu, 15 Desember 2018
Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati, Ade Sumardi, dan mantan Pjs Bupati Lebak, Ino S Rawita melakukan pemotongan tumpeng pada acara Riung Mungpulung peringatan Hari Jadi ke-190 Lebak di pendopo kabupaten, Ahad (2/12/2018).*

Pemkab Lebak Prioritaskan Sektor Pariwisata

LEBAK, (KB).- Memperingati Hari Jadi ke-190, Pemerintah Kabupaten Lebak mengusung tema Visit Lebak yang secara sederhana akan terkait erat dengan pariwisata.  Pengusungan tema itu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dunia pada sektor pariwisata yang mencapai 7% atau dua kali lipat pertumbuhan ekonomi yang hanya berada pada kisaran angka 3%.

”Sejalan dengan itu, kita bisa melihat pemerintah pusat sedang menggarap secara serius sektor ini untuk mampu menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi yang selama ini hanya bergantung dari sektor mineral minyak,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya pada acara riung mungpulung peringatan Hari Jadi ke-190 Kabupaten Lebak di Pendopo, Ahad (2/12/2018).

Iti Octavia menjelaskan, Seba Baduy telah masuk 100 wonderful events pariwisata di Indonesia. Selain itu, Baduy dan kawasan wisata Pantai Sawarna di Kecamatan Bayah, masuk Banten seven wonders, dengan tingkat kunjungan pariwisata per bulan Agustus 2018 sudah melebihi 500.000 orang.

”Kita juga bisa melihat bagaimana kemeriahan gelaran perdana Festival Seni Multatuli sebagai 1 dari 9 festival Indonesiana di Indonesia dengan titik sentralnya yaitu Museum Multatuli yang kini telah menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Dijelaskan, Riung Mungpulung Hari Jadi merupakan momen istimewa bagi semua pemangku kepentingan Lebak bersama masyarakat untuk bersama-sama melakukan refleksi atas apa yang telah dicapai secara kolektif sebagai sebuah entitas bernama Kabupaten Lebak.

“Pada saat yang berbahagia ini, kita bisa saling melakukan koreksi atas hal-hal yang masih belum sepatutnya dilakukan, untuk kemudian dijadikan bahan perbaikan di masa depan,” tuturnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi pada semua pihak serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) yang telah membangun hubungan yang sinergis bersama pemerintah daerah, legislatif, para tokoh masyarakat, serta para alim ulama yang tidak pernah bosan memberikan dukungan dan nasihat dalam ikhtiar membangun Kabupaten Lebak.

“Tidak ada kata yang layak kita ucapkan, tidak ada ungkapan yang patut kita panjatkan pada hari ini selain rasa syukur kepada Allah SWT atas bertambahnya umur Kabupaten Lebak yang menginjak usia ke-190,” tuturnya.

Pada bagian akhir sambutannya, bupati berpesan agar seluruh pihak mampu memanfaatkan sektor pariwisata yang merupakan sektor yang mampu banyak menyerap tenaga kerja dan mengungkit munculnya turunan-turunan usaha di bidang ekonomi dan perdagangan.

Pada kesempatan yang sama, bupati juga menyerahkan penghargaan kepada warga Lebak yang telah menyumbangkan emas pada perhelatan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) V Banten serta penyerahan beberapa bantuan dari perbankan dan perusahaan yang turut serta membantu dalam pembangunan di Kabupaten Lebak. (ND)*


Sekilas Info

Rencana Penertiban Batas Sempandan Pantai, Langkah Gubernur Diapresiasi

LEBAK, (KB).- Sejumlah warga Lebak Selatan (Baksel) mengapresiasi rencana Gubernur Banten yang akan melakukan penertiban Batas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *