Pemkab Lebak Fokus Rehabilitasi Sekolah Rusak

Wawan Ruswandi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak.*

LEBAK, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) akan fokus merehabilitasi sekolah rusak di tahun depan. Selain itu juga fokus membangun kekurangan ruang kelas baru yang jumlahnya mencapai sebanyak 591 ruang kelas.

“Tahun depan kita akan fokus merehabilitasi sekolah yang rusak serta fokus membangun kekurangan ruang kelas yang jumlahnya mencapai ratusan kelas,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi kepada Kabar Banten, di Rangkasbitung, Senin (2/12/2019).

Dia mengatakan, untuk kekurangan sarana dan prasarana penunjang pendidikan di Kabupaten Lebak, terutama pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Sarana dan prasarana SD masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Salah satunya kekurangan ruang kelas, hingga banyak ditemukan ruang kelas yang melebihi kapasitas.

Wawan mengatakan, hal yang masih menjadi kendala untuk membangun ruang kelas baru adalah ketiadaan lahan. Pemkab siap memberikan fasilitas ruang kelas baru ( RKB) di satu sekolah, namun terkendala lahan yang tidak dimiliki. Kondisi tersebut menjadi kendala, karena sekolah yang kekurangan ruang kelas harus berpikir untuk menyediakan lahannya.

Dia mencontohkan, SDN 2 Pasirkupa yang sebagian siswanya harus menumpang belajar di madrasah yang jaraknya sekitar 200 meter dari sekolah asalnya. Penyebabnya, sekolah tersebut tidak memiliki lahan untuk membangun ruang kelas baru.

“Belum lagi di sejumlah SD lainnya di Lebak. Kami juga masih menemukan murid SD yang belajar berdesakan dalam satu ruang kelas. Ini memang menjadi pekerjaan rumah yang harus ditanggulangi, dan tahun depan kami fokus merehabilitasi sekolah rusak maupun membangun kekurangan ruang kelas baru,” ujarnya.

Saat ini, SDN di Kabupaten Lebak memiliki rombongan belajar sebanyak 5.557. Akan tetapi, ruang kelas yang dimiliki hanya ada 4.986 unit sehingga masih kekurangan sebanyak 591 ruang kelas. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here