Peminat Tenaga Medis RS Pratama Minim

Indah Daniarsiani

PANDEGLANG, (KB).- Asisten Daerah II Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Pandeglang Indah Dinarsiani mengatakan, pada 2020 Rumah Sakit (RS) Pratama Menes akan di-launching. Namun, sampai saat ini masih kesulitan dalam merekrut tenaga medis.

“Kita juga sudah mengusulkan melalui BKD, mudah-mudahan formasi ASN tahun 2019 ini bisa diakomodasi. Pembukaan CASN kemarin sudah diakomodasi yang datang tidak ada, dokter gigi di formasinya banyak dan yang daftar hanya beberapa saja. Apalagi sekarang rumah sakit minimal 6 spesialis dasar, ditambah 2 spesialis penunjang,” kata Indah kepada Kabar Banten saat ditemui di Gedung Pendopo Pandeglang, Jumat (12/7/2019).

Menurut Indah, dengan minimnya peminat untuk menjadi tenaga ahli pada RS Pratama Menes, pihaknya berencana akan mengajukan kepada Kementerian. Sebab, kata dia, pada Kementerian ada formulasi bantuan untuk tenaga kesehatan di daerah-daerah yang kurang diminati.

“Dari tahun 2017 lalu sebetulnya sudah menyampaikan usulan. Akan tetapi belum mendapatkan respon, termasuk juga ke Provinsi Banten,” tuturnya.

Sebab, kata dia, fasilitas dan gedung tiga lantai sudah siap. Untuk itu, diproyeksikan 20 April akan diresmikan. “Tahun 2020 ibu (Bupati) ingin RS Pratama sudah segera diresmikan, dan tahun ini kita sudah melakukan pengadaan alkesnya. Namun, yang menjadi persoalan lantai empat belum selesai, kemudian SDM-nya, juga tenaga ahlinya yang belum ada,” ucapnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan, jika sudah tersedia gedung dan alat kesehatan, tinggal mencari tenaga medisnya. “Kalau bangunannya sudah ada, kan tinggal mengisi tenaga medisnya,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, tenaga medis untuk RS Pratama Menes akan diambil dari RSUD Berkah Pandeglang. “Nanti untuk tenaganya, dokter yang senior di RSUD itu, mereka sementara dipindahkan dahulu ke sana kalau sudah rampung, biar nanti melatih juniornya yang baru,” ujarnya. (Ade Taufik/H-50)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here