Pemilu 2019, Wabup Lebak: Jangan Intimidasi Pemilih

LEBAK, (KB).- Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan, Pemilu sebagai pesta demokrasi harus menciptakan rasa senang bagi masyarakat atau pemilih. Sehingga, pada Pemilu serentak 17 April 2019 nanti masyarakat bisa datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan senang hati, tanpa ada intimidasi dari pihak mana pun.

“Jangan intimidasi pemilih, ciptakan Pemilu yang menyenangkan, sehingga masyarakat bisa datang ke TPS dengan senang hati,” kata Ade Sumardi seusai menghadiri rapat koordinasi antar instansi pada pemerintah dalam rangka evaluasi kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di lingkungan Pemkab Lebak, di salah satu hotel di Kota Rangkasbitung, Senin (15/4/2019).

Ia mengatakan, pemerintah sebagai pelaksana tentunya harus siap dan menjamin kesiapan segala sesuatunya di hari pencoblosan nantinya. Hal itu untuk memastikan kesiapan agar pada pelaksanaannya nanti bisa berjalan tertib, aman, damai dan sukses.

“Agar Pemilu bisa berjalan sesuai harapan, pemerintah melibatkan beberapa unsur mulai dari tingkatan RT, RW, desa, kecamatan dan kabupaten. Termasuk segi pengamanannya, didampingi dari pihak TNI dan Polri,” katanya.

Selain menjamin pengamanan dan logistik Pemilu, kata dia, pelaksana juga harus menjamin kedatangan masyarakat agar mereka merasa nyaman dan senang saat datang ke TPS.

“Karena ini pesta rakyat, tentu pelaksana harus menjamin kedatangan masyarakat agar mereka senang saat mendatangi TPS,” ujarnya.

Saat disinggung jika ada aparatur sipil negara (ASN) tak netral menjadi mobilisasi salah satu pasangan calon (paslon) pada pelaksanaan Pemilu. Ia memastikan ASN di lingkungan Pemkab Lebak tidak ada yang ikut terlibat politik praktis. Sebab, hingga kini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat tidak melaporkan adanya ASN yang terlibat.

“Intinya, ini pesta rakyat, dan kita sebagai penyelenggara harus memanjakan dan menjamin masyarakat senang dan bebas menentukan pilihannya,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Lebak Ni’matullah mengatakan, suksesnya pelaksanaan Pemilu ini tentunya bukan sekadar dari pihak penyelenggara saja. Namun, semua pihak juga harus turut terlibat menyukseskannya. “Sukses Pemilu itu tanggung jawab semua lapisan masyarakat,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here