Pemilu 2019, Polres Cilegon Titip 20 Tahanan di Lapas

CILEGON, (KB).- Polres Cilegon menitipkan 20 tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon. Ini dilakukan lantaran Polres Cilegon tengah fokus pengamanan pemilihan suara pemilu 2019, di 1953 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di wilayah hukum Polres Cilegon.

Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso mengatakan, pengiriman puluhan tahanan ini dilakukan secara bertahap. “Hari ini 12 tahanan sudah kami titipkan. Totalnya kan ada 20 tahanan, semua akan kami titipkan ke lapas,” katanya di Mapolres Cilegon, Senin (15/4/2019).

Menurut Kapolres, di lapas tersebut tahanan-tahanan titipan polres bisa berpartisipasi dalam pemilihan suara. Katanya, ada empat bilik suara yang disiapkan KPU Kota Cilegon di lapas itu. “Disana sudah ada empat bilik suara yang disiapkan. Untuk siapa saja yang bisa memilih, saya kurang tahu. Barangkali semuanya memiliki hak memilih,” ujarnya.

Terkait penitipan tahanan sendiri, Kapolres mengatakan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat sebagian besar personel akan ke lapangan guna melakukan pengamanan. “Kami kan fokus pengamanan TPS, pasukan semua digeser ke sana supaya aman. Jadi kami titipkan tahanan ke lapas,” tuturnya.

Kepala Lapas Kelas III Cilegon Hari Aris S, membenarkan adanya penitipan tahanan dari Polres Cilegon. Katanya, akan menunggu informasi dari KPU Cilegon terkait mana yang memiliki hak pilih. “Nanti kami menunggu keterangan dari KPU Cilegon. Mana saja yang punya hak pilih nanti kami damping,” ungkapnya.

Katanya, ada 80 petugas lapas yang disiapkan untuk mengamankan jalannya pemilihan suara. Diantara petugas lapas tersebut, delapan diantaranya menjadi panitia pemilihan suara (PPS). “Petugas PPS-nya dari lapas, bukan dari luar. Nanti saat pemilihan, seluruh petugas lapas akan kami kerahkan. Totalnya ada sekitar 80 personel, baik petugas keamanan maupun staf lapas,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here