Pemilu 2019, Polisi Bersenjata Lengkap Jaga TPS

PANDEGLANG, (KB).- Pada Pemilu 2019 aparat kepolisian dilengkapi dengan senjata lengkap menjaga tempat Pemungutan Suara (TPS), hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya.

Kapolres Kabupaten Pandeglang, AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan, pada Pemilu 2019 tidak sedikit para personelnya yang dibekali sejata api laras panjang. Bahkan kata dia, pihaknya juga tengah dibantu oleh Brimob Polda Banten yang dilengkapi senjata.

“Para personel dan Brimob yang dibekali senjata api, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pada saat proses Pemilu dan pasca Pemilu untuk melakukan patroli. Aplagi, petugas polisi lainnya juga semua kami senjatai untuk melakukan pengamanan TPS,” kata Indra, usai melakukan pemantauan TPS di wilayah Kecamatan Labuan, Rabu (17/4/2019).

Menurut Kapolres, pihak kepolisian yang sudah dibekali senjata api tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas siapapun yang membuat kerusuhan baik sedang proses Pemilu maupun pasca Pemilu. Hal itu jelas dia, akan dilakukan sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2009.

“Tentu saja ada perintah khusus (menembakan senjata), itu sudah protapnya dan sudah menjadi tugas pokok sesuai prosedur yang tertuang dalam Perkap Nomor 1 Tahun 2009 yang mengatur tentang dimana Polisi harus hadir, kemudian menghimbau. Itu ada tahapannya, sampai pada tahap enam dimana perkuatan senjata bisa digunakan,” ujarnya.

Kata Kapolres, saat ini lanjut Indra, kondisi proses Pemilu di Kabupaten Pandeglang berjalan tertib, damai, dan sejuk. “Sampai saat ini, Alhamdulillah tidak ada keributan apapun. Semuanya, berjalan damai, aman dan sejuk. Tapi tetap kami bakal terus mewaspadai dan melakukan patroli secara intens kesemua wilayah,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here