Pemilu 2019, Panwascam Petir Patroli Politik Uang

SERANG, (KB).- Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Petir melakukan patroli pada malam menjelang pemungutan suara, Selasa (16/4/2019). Hal itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya politik uang (money politik).

“Panwas Petir malam ini akan patroli keliling mencegah politik uang,” ujar Ketua Panwascam Kabupaten Serang Subhan kepada Kabar Banten.

Subhan menuturkan, patroli dilakukan ke 15 desa se Kecamatan Petir. Patroli tersebut melibatkan pengawas desa, Pengawas TPS dan kepolisian. “Di 15 desa se Kecamatan Petir,” katanya.

Ia mengatakan, patroli itu untuk menekan adanya praktik politik uang. “Pencegahan tidak ada aktivitas kampanye, karena sudah masuh hari tenang. Di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dijelaskan jika ada yang melakukan kampanye di hari tenang ancamannya pidana satu tahun dan denda Rp 12 juta,” tuturnya.

Ia mengatakan praktik politik uang berdasarkan pengalaman biasa terjadi pada malam menjelang pemungutan suara.

“Kemungkinan dari jam 22.00-03.00 pagi. Semalam juga kita udah patroli, cuma enggak melibatkan kepolisian. Semalem kita tidak menemukan atau indikasi politik uang dan aktivitas kampanye,” katanya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here