Pemilu 2019, Mahapeka UIN SMH Banten: Jangan Pilih Caleg Pasang APK di Pohon

SERANG, (KB).- Mahasiswa Pecinta Pelestarian Alam (Mahapeka) Universitas Islam Negeri (UIN) Banten menyuarakan agar masyarakat tidak memilih Calon Legislatif (Caleg) yang memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di pohon dengan cara dipaku.

Koordinator Mahapeka UIN SMH Banten Takafa mengatakan, caleg yang memasang APK di pohon dengan cara dipaku sudah memberi gambaran jika dirinya tidak taat aturan. Sehingga, masyarakat lebih baik tidak memilihnya. Ia berharap hal itu bisa menjadi sanksi nyata bagi caleg yang dalam proses mencari dukungan masyarakat justru malah merusak lingkungan.

“Jangan pilih Caleg yang pasang APK di pohon dengan paku, otomatis gambarannya seperti itu, pelanggaran hal terkecil saja sudah dilanggar apalagi nanti sudah menjabat. Sedikit demi sedikit jadi bukit,” kata Takafa, Jumat (29/3/2019).

Sebagai pecinta alam, kata dia,  Mahapeka sendiri berencana akan melakukan aksi pencabutan APK di pohon yang melanggar aturan pada 7 April 2019 mendatang. Saat ini, pihaknya sudah melayangkan surat kepada Bawaslu Kota Serang untuk aksi tersebut.

“Rencana aksi cabut APK yang melanggar itu tanggal 7 April ini, ketika surat izinnya sudah keluar dari Bawaslu, Kepolisian dan lainnya. Kita langsung aksi,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Penindakan pada Bawaslu Kota Serang Agus Aan Hermawan mengatakan, pihaknya sudah berusaha mengingatkan kepada peserta Pemilu 2019 untuk tidak memasang APK di pohon dengan cara dipaku.

“Memang masih banyak APK yang ditempel di pohon dengan cara dipaku. Kita juga sudah bersurat tapi bandel semua, masang mau tapi tidak mau menurunkan,” katanya.

Ia mengatakan, selain upaya mengingatkan. Pihaknya juga sudah sering melakukan tindakan tegas dengan menurunkan APK yang terpasang dipohon, tetapi setelah ditertibkan APK tersebut kembali bermunculan.

“Namanya juga peserta, semau sendiri. Gimana mau jadi wakil yang bijaksana, masang APK saja tidak bisa bijaksana,” ujarnya.

Pantauan Kabar Banten, di beberapa ruas jalan Kota Serang, tampak APK caleg yang dipaku di pohon. Bahkan, dalam satu pohon tak jarang ditemui lebih dari satu APK caleg baik pusat, provinsi maupun Kabupaten/Kota. (Masykur)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here