Pemilu 2019, FKUB Ajak Warga Tak Golput

SERANG, (KB).- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Serang mengajak masyarakat agar tidak golput pada Pemilu 2019 baik pileg maupun pilpres pada 17 April mendatang. Hal itu dikarenakan suara dari setiap warga menentukan masa depan bangsa.

Ketua FKUB Kabupaten Serang M. Maskhun mengatakan, untuk pemilu mendatang diharapkan masyarakat tidak ada yang golput atau tidak memilih. Sebab disampaikan bahwa dalam ajaran agama islam melalui MUI mereka yang tidak memilih hukumnya haram.

“Menurut ajaran agama islam bahkan MUI bagi mereka yang tidak memilih hukumnya haram,” ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui setelah acara rapat koordinasi forum kerukunan umat beragama Kabupaten Serang Tahun 2019 dengan tema merawat Kerukunan Antara Umat Beragama Menjelang Pilpres 2019 di ruang rapat KH Syam’un, Jumat (5/4/2019).

Selain itu kata dia, untuk menjaga demokrasi dan merawat kerukunan antar umat beragama semua aturan dari Bawaslu dan KPU harus ditaati. Seperti tidak menggunakan rumah ibadah dan tempat pendidikan untuk menjadi tempat kampanye.

“Rumah ibadah dan tempat pendidikan itu tidak dibenarkan untuk jadi tempat kampanye. Bahkan kepada saudara kita yang da’i pun untuk menyampaikan santun dan damai serta tidak memprovokasi terhadap masyarkat,” tuturnya.

Maskhun mengatakan, rapat koordinasi ini dilakukan untuk menjaga kerukunan umat beragama menjelang pilpres dan pileg. Oleh karena itu dalam pertemuan tersebut dihadirkan perwakilan dari agama islam, dan non muslim diantaranya Kristen Protestan, Katolik, Hindu dan Budha.

“Alhamdulillah semuanya hadir. Sekaligus di dalamnya membahas tema merawat kerukunan umat beragama dalam rangka pilpres 2019 dan kepada seluruh tokoh agama ini untuk memfasilitasi warganya untuk berbondong-bondong mendatangi TPS,” katanya.

Adapun untuk pemilihan kata dia, sesuai dengan nurani masing-masing. Namun yang jelas dari FKUB intinya menjaga baik proses pemilu dan juga pasca pemilu agar tetap tertib dan aman.

”Sehingga bagi seluruh warga untuk sama-sama mengamankan dan sekaligus menjaga, dan juga menyalurkan aspirasinya sesuai dengan pilihan masing-masing,” ucapnya.

Sementara Kasubag Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kabupaten Serang Tipah Setiawan mengatakan, karena FKUB ini merangkup semua unsur keagamaan, oleh karena itu diharapkan kerukunan ini benar-benar diterapkan. “Yang penting tidak ada golput. Karena kan suara dari kita ini sangat menentukan masa depan bangsa indonesia,” ujarnya.

Tipah mengatakan, untuk membantu meningkatkan partisipasi pemilih, diharapkan para perwakilan yang hadir ini bisa menyampaikan kepada masyarakat luas. “Karena kan ini hanya perwakilan pengurus, jadi mohon disampaikan kepada masyarakat luas. Jadi kerukunan umat beragama benar-benar memanfaatkan,” katanya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here