Jumat, 14 Desember 2018

Pemilu 2019: Dua Keluarga Bupati Bersaing Perebutkan Kursi DPR RI

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten I, perebutan kursi DPR RI di Kabupaten Pandeglang dan Lebak itu menyajikan perang keluarga bupati.

Berdasarkan DCT DPR RI Dapil Banten I, terdapat tiga caleg yang merupakan suami dan anak dari Bupati Pandeglang, Irna Narulita. Mereka adalah Achmad Dimyati Natakusumah yang mendaftar caleg dari PKS, dan dua anaknya yakni Rizka Amalia Rahman dari Partai Nasdem serta Rizki Aulia Rahman Natakusumah dari Partai Demokrat.

Achmad Dimyati Natakusumah yang juga mantan Bupati Pandeglang itu membenarkan bahwa anak kedua dan ketiganya maju menjadi calon legislatif (caleg) di dapil yang sama dengannya. “Iya betul itu putra dan putri kami. Rizki nyaleg dari Partai Demokrat, dan Rizka dari Partai Nasdem,” kata Dimyati yang saat ini menjabat anggota DPR RI dari dapil DKI Jakarta III.

Meski satu keluarga, Dimyati tidak memungkiri persaingan dengan kedua anaknya itu terjadi. Apalagi, kata dia, masing-masing memiliki strategi sendiri. “Karena mereka (anaknya), maju karena keinginan sendiri dan juga diminta partai politik,” ujar Dimyati ketika ditanya tentang motivasi anaknya maju menjadi caleg.

Di luar Dapil Banten I, putri pertama dari pasangan Irna Narulita dan Achmad Dimyati Natakusumah, Risya Azzahra Rahmah Natakusumah dari Partai Nasdem yang mendaftar caleg di dapil Banten II yang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Selain keluarga Bupati Pandeglang, dapil Banten I juga menghadirkan persaingan keluarga besar Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya yang tidak lain putri dari mantan Bupati Lebak dua periode, Mulyadi Jayabaya atau dikenal dengan sebutan (JB).

Dari keluarga JB, terdapat dua nama yang merupakan petahana dari dapil tersebut. Mereka adalah Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya yang merupakan putra JB, dan Vivi Sumantri Jayabaya yang merupakan putri almarhum Sumantri Jayabaya yang tidak lain adik kandung JB.

Pengaruh kekuasaan

Menurut pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lili Romli, akan ada persaingan dua dinasti politik di Banten, yakni dinasti politik Kabupaten Lebak, Mulyadi Jayabaya dan Kabupaten Pandeglang, Achmad Dimyati Natakusumah.  “Tampaknya kedua dinasti politik ini mengandalkan pengaruh dan kekuasaan yang dimiliki,” ucapnya, Ahad (23/9/2018).

Alumni Universitas Indonesia (UI) ini melihat bahwa untuk meloloskan caleg DPR RI dari keluarganya mereka akan mengandalkan suara dukungan di daerahnya masing-masing, yakni Mulyadi Jayabaya di Kabupaten Lebak dan Achmad Dimyati Natakusumah di Kabupaten Pandeglang.”Kekuasaan dan pengaruh yang dimiliki, karena Jayabaya Bupati (Lebak) 2 periode yang lalu, dilanjutkan oleh anaknya Iti Octavia (Jayabaya),” tuturnya.

Begitu juga, lanjut dia, Achmad Dimyati Natakusumah. Ia akan mengandalkan kekuatannya karena pernah menjabat Bupati Pandeglang selama 2 periode yang sekarang dilanjutkan oleh istrinya, Irna Narulita. “Tentu dengan kekuasaan sebagai bupati tersebut memiliki massa dan pengaruh untuk para pemilih di masing-masing daerahnya,” katanya.

Disinggung apakah seluruh Caleg DPR RI dari masing-masing keluarga ini memiliki peluang yang sama untuk melenggang ke kursi parlemen. Ketua terpilih Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orwil Banten ini menilai, minimal dari masing-masing keluarga ini akan lolos satu orang. “Ya, minimal mereka bisa satu lolos ke Senayan,” ujarnya. (SJ/SN)*


Sekilas Info

107 ASN Pemkab Serang di Rotasi, Dua Jabatan Eselon II Kosong

SERANG, (KB).- Sebanyak dua jabatan eselon dua di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, yakni Kepala Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *