Pemilu 2019, DPT Pandeglang Nihil WNA

PANDEGLANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang menjamin dan memastikan nihil atau tidak ada pemilih warga negara asing (WNA) di Pandeglang pada Pemilu 2019. Sebab, dari data hasil pemutakhiran daftar pemilih tambahan (DPTb) sampai sekarang tidak ditemukan ada warga asing.

Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulyadi mengatakan, hingga saat ini hasil pengawasan Bawaslu Pandeglang menyebutkan tidak menemukan ada WNA di Pandeglang yang masuk dalam DPT. Dengan demikian, lanjut Ade, Bawaslu menjamin proses Pemilu khususnya di kota santri ini tidak ada masalah dalam DPT.

“Saya pastikan tidak ada WNA yang masuk DPT di Pandeglang. Jadi, saya jamin untuk saat ini proses pemutakhiran data pemilu di Pandeglang sangat aman,” ujar Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulyadi kepada Kabar Banten, Ahad (10/3/2019).

Meski demikian, Ade mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi jalannya pesta demokrasi agar bersih dari berbagai bentuk pelanggaran. Ia juga berharap masyarakat reaktif memberikan laporan ke Bawaslu juga menemukan ada pelanggaran.

“Kalau memang menemukan ada pemilih WNA silakah laporkan ke Bawaslu, termasuk pelanggaran-pelanggaran selama tahapan pemilu sedang berjalan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Suja’i mengatakan, di Pandeglang tidak ditemukan ada WNA masuk dalam DPT. Sebaliknya, pemilih pemilu mayoritas warga pribumi.

Oleh sebab itu, lanjut Suja’i, masyarakat diharapkan ikut menyukseskan pemilu dan menggunakan hak pilihnya, sehingga angka partisipasi pemilih bisa meningkat. “Jadi untuk DPT di Pandeglang bersih dari pemilih WNA dan itu sudah pernah disampaikan KPU beberapa pekan lalu,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here