Pemilu 2019 di Kota Serang, Usia Milenial Dominasi Jumlah Pemilih

SERANG, (KB).- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten mencatat sekitar 61 persen pemilih berasal dari kalangan milenial. Angka tersebut berdasarkan hasil survei indeks kepuasan publik terhadap penyelenggaran Pemilu 2019 di Kota Serang.

Anggota LP2M Mohammad Safar menjelaskan, dari banyaknya pemilih, usia milenial lebih mendominasi pemilihan umum (Pemilu), baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kota Serang. Tercatat 61 persen merupakan lulusan SMA, kemudian sebagian lainnya lulusan strata 1 (S1) dan ada beberapa lulusan SD serta SMP.

“Kemudian, pekerjaan yang paling mendominasi, adalah pekerja wiraswasta. Baru disusul dengan pegawai swasta, buruh, dan lain sebagainya. Tahun 2019 ini, memang usia milenial lebih mendominasi pemilu dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya seusai Ekspose Survei Indeks Kepuasan Publik terhadap Penyelenggaraan Pemilu 2019, di Aula Kampus UIN SMH Banten, Selasa (31/12/2019).

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang Ade Jahran mengatakan, ekspose tersebut, dilakukan untuk mengetahui pelayanan yang dilakukan KPU Kota Serang, dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2019 lalu. Ia menjelaskan, dari hasil survei lapangan yang dilakukan oleh LP2M UIN Banten, terhadap KPU Kota Serang berada di angka 70 persen.

“Dari 470 responden, terdiri atas 57 laki-laki dan 43 perempuan yang tersebar di 6 kecamatan. Hasil survei menunjukkan masyarakat puas terhadap produk serta pelayanan yang diberikan KPU Kota Serang saat menyelenggarakan pemilu selama 2019. Berdasarkan penilaian kami mendapat 70 persen. Itu sudah cukup puas dan sangat bagus,” ucapnya.

Perolehan kepuasan masyarakat terhadap KPU Kota Serang, tutur dia, merupakan hasil dari apa yang telah dikerjakan bersama tim KPU. Bahkan, dia juga menekankan kepada seluruh anggotanya, untuk memaksimalkan setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan. Sebab, KPU masuk dalam bidang pelayanan masyarakat, sehingga anggota diwajibkan untuk melayani sebaik mungkin.

“Ini kerja teman-teman semua, baik komisioner dan sekretariat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Saya pun menekankan kepada semua, bahwa kami ini pelayan publik dan jadi bagian dari pelayanan masyarakat. Tentu ini juga harus dipertahankan pada pemilu ke depan atau di tahun berikutnya,” tuturnya.

Kegiatan tersebut juga, kata dia, merupakan kegiatan akhir KPU Kota Serang, dalam melakukan survei terhadap pelayanan kepemiluan di Kota Serang. Mulai dari sebelum pemilu, saat pemilu hingga selesai pemilu. Pihaknya berharap, kegiatan ekspose tersebut, dapat dilakukan setiap tahunnya secara rutin.

“Alhamdulillah pemilu kemarin tidak ada halangan dan berjalan lancar tanpa ada persoalan apapun,” ujarnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here