Pemilu 2019 di Banten: PDIP Raih Kursi DPR RI Terbanyak

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019 di Provinsi Banten yang selesai Rabu (15/5/2019) pukul 16.50 WIB. Dari hasil rekapitulasi itu, PDIP meraih 5 kursi DPR RI atau terbanyak.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, ada 8 partai politik yang meloloskan calegnya di kursi DPR RI yakni PDIP dengan 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 3 kursi, PKS 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PAN 2 kursi, PPP dan PKB masing-masing 1 kursi.

Sedangkan untuk rekapitulasi perolehan suara untuk pilpres, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin kalah dari pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, dengan selisih lebih dari 1,5 juta suara.

Berdasarkan data rekapitulasi perhitungan suara di Provinsi Banten, pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 4.059.514 suara atau 61,54%. Sementara, Jokowi-Ma’ruf mendapat 2.537.524 suara atau 38,46% dari total 6.597.038 suara sah.

“Sudah, tadi rekapitulasi untuk pemilu di Banten sudah disahkan oleh KPU RI. Kami bersyukur karena plenonya berjalan mulus tanpa ada catatan evaluasi,” kata Komisioner KPU Banten Eka Satya Laksmana saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan telepon seluler, Rabu (15/5/2019).

Pascapengesahan ini, Eka mengatakan bahwa KPU Banten mengapresiasi para peserta pemilu beserta tim suksesnya yang sudah kooperatif selama tahapan rekapitulasi di tingkat Provinsi Banten. Sebab menurut dia, pengesahan itu tidak akan berjalan lancar apabila para peserta pemilu enggan legowo menerima hasil pemilihan pada 17 April tersebut.

“Alhamdulillah, kami sampaikan ucapan terima kasih terhadap seluruh pihak terutama para saksi partai politik dan pasangan capres cawapres yang sudah banyak memberikan masukan kepada KPU. Dinamika pleno kemarin itu hal yang biasa, tapi tanpa dinamika itu kita tidak mungkin bisa menyelesaikan tahapannya hingga bisa sempurna seperti sekarang,” ujar Eka.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqon bersyukur hasil rekapitulasi penghitungan suara di Banten telah disahkan oleh KPU RI. Ia juga mengapresiasi peran dari para saksi peserta pemilu yang telah memberikan masukan kepada KPU selama rekapitulasi di tingkat Provinsi Banten.

“Alhamdulillah, kita sudah dapat menyelesaikan dengan baik. Segala sesuatu yang dianggap belum sempurna sudah dilakukan perbaikan, kami bersyukur terhadap saksi yang terus memberikan masukan kepada KPU sampai hasil yang kita peroleh pada hari ini,” ucapnya.

Selain itu, KPU juga memastikan tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak 2019 di Banten menunjukkan angka yang meningkat. Bahkan, kata Wahyul, target partisipasi di Banten jauh lebih tinggi dibanding target partisipasi nasional.

“Angka partisipasi di Banten meningkat. Itu bisa kita lihat dalam rekap kabupaten/kota, dan ini terjadi hampir merata di semua daerah,” tuturnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here