Jumat, 20 Juli 2018

Pemilik Villa Males Ngurus Izin

PANDEGLANG, (KB).- Sebanyak 20 dari 54 villa dan restoran yang berada di sepanjang pesisir Pantai Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, yang tidak mengantongi perizinan  atau illegal. Banyaknya pengelola dan pemilik hotel yang belum memenuhi izin, disebebkan kurangnya pemahaman tentang perizinan, sehingga banyak yang tidak menempuh prosedur.

Camat Carita, Suntama, mengatakan, sepanjang pesisir pantai carita terdapat 54 hotel atau villa dan restoran. Sedangkan yang mengantongi izin, hanya sebanyak 34 villa dan restoran. “Dari hasil pendataan kami di kecamatan Carita, terdapat 54 villa dan restoran. Dan yang sudah berizin hanya 20 saja, sisanya belum memenuhi prosedur perizinan, padahal kita sudah melakukan sosialisasi” kata Suntama, kepada Kabar Banten saat ditemui di Kantor Kecamatan Carita, Sabtu (7/7/2018).

Menurut dia, villa-villa tersebut yang belum memenuhi dokumen perizinannya, beralasan habisnya masa berlaku surat izin, bahkan terdapat yang belum mengajukan surat izin sama sekali.”Pas kami tanya kenapa perizinannya bermasalah, mereka menjawab habis masa berlakunya. Ada juga yang hanya mengantongi izin lingkungan, bahkan ada juga yang tidak mengantongi sama sekali” ungkapnya

Untuk mengantasi persoalan tersebut, dirinya sudah melakukan sosialisasi terhadap pemilik villa dan berkordinasi dengan pihak perizinan Kabupaten Pandeglang. “Katanya akan tindak lanjuti oleh pihak perizinan langsung,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Perizinan DPMPTSP Kabupaten Pandeglang Roni mengatakan, banyaknya pengelola dan pemilik villa yang belum memenuhi izin karena kurangnya pemahaman tentang perizinan. Sehingga, banyak yang tidak menempuh prosedur yang ada.

“Kalau melihat sisi edukasinya, untuk persoalan villa ataupun yang lainnya tidak berizin, penyebabnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap perizinan. Sehingga, masih banyak yang belum berizin” ucapnya.

Dalam meniklanjuti persoalan ini, dirinya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perizinan. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat agar memahami perizinan, dan akan menindak lanjuti villa yang belum berizin. (Ade Taufik/SJ)*


Sekilas Info

Waspadai Dampak Kekeringan

Dampak kekeringan selama kemarau tahun ini mulai mencemaskan warga di sejumlah wilayah kecamatan di Pandeglang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *