Pemerintah Pusat Ikut Tangani Banten Lama

SERANG, (KB).-¬†Pemerintah pusat ikut menangani revitalisasi Banten Lama. Rencananya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan menggarap normalisasi kanal di kawasan cagar budaya tersebut. Namun, Pemprov Banten masih menunggu keputusan final dari kementerian tersebut.¬† “Rencananya kanal yang mengerjakan dari Kementerian PUPR. Tapi kami masih menunggu kepastian dari Dirjen SDA,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Hadi Soeryadi, Kamis (30/8/2018).

Menurut Hadi, ada sinyalemen positif dari Kemen PUPR terkait rencana pengerjaan normalisasi kanal sepanjang sekitar 4 kilometer tersebut. Pemprov Banten beberapa kali dihubungi pihak balai besar kementerian terkait hal tersebut. “Dari balai besar sudah nanya-nanya soal kanal. Artinya sudah ada tanda-tanda, mungkin di kementerian sudah ada pembahasan. Makanya, kami akan ajak balai besar untuk ke lokasi, kami akan jadwalkan,” ujar mantan Kadis PU Kabupaten Serang ini.

Ia menjelaskan, rencana pengerjaan kanal oleh Kemen PUPR tersebut berawal dari pertemuan Gubernur Banten Wahidin Halim dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Gubernur berkeinginan agar pemerintah pusat turut membantu pemprov dalam merevitalisasi kawasan wisata religi tersebut. “Mungkin presiden menegur Kemen PU. Kemudian ditindaklanjuti oleh kementerian. Staf ahli kementerian datang ke lokasi waktu itu,” ujarnya.

Meski begitu, kata Hadi, pemprov akan tetap menyiapkan anggaran untuk pengerukan kanal tersebut untuk mengantisipasi jika Kemen PUPR batal menggarap kanal.”Tetap kami siapkan untuk tahun depan, sambil menunggu kepastian dari kementerian. Tidak banyak, paling pengerjaan untuk sekitar 300 atau 400 meter,” ucapnya.

Selesai dua tahun

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, saat ini pengerjaan kanal tersebut baru sekitar 400 meter.”Selebihnya sekitar 5 kilometer, dari ujung benteng sampai Surosowan itu akan diajukan ke Kemen PU. Kalau misal Kemen PU (bersedia) menganggarkan, diharapkan agar selesai dalam dua tahun,” ujar Andika, belum lama ini.

Andika menargetkan revitalisasi kawasan Banten Lama tahap awal rampung pada November 2018.”Kami terus mengontrol melalui Pak Plh Sekda dan Bappeda Kota Serang, langsung di lapangan. Untuk tahap awal ini persentasenya minimal di September itu sudah 70 persen, karena target 100 persen di November,” tuturnya.

Kawasan inti cagar budaya tersebut juga akan dipersiapkan untuk perayaan HUT ke-18 Provinsi Banten Oktober mendatang. “HUT Banten insya Allah diadakan di Banten Lama,” katanya. Diketahui, sebelumnya Pemprov Banten mengalokasikan Rp 100 miliar untuk normalisasi kanal di Banten Lama. Pekerjaan tersebut akan dilakukan dengan mekanisme tahun jamak (multiyears). (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here