Pemerintah Diminta Cabut Moratorium DOB

LEBAK, (KB).- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah pemilihan (Dapil) satu, Iip Miftahul Khoiry meminta agar pemerintah menghentikan atau mencabut moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB).

Alasannya, pembentukan DOB merupakan kebutuhan, salah satunya DOB Cilangkahan. “Selain itu, DOB Cilangkahan juga sudah melengkapi berkas persyaratan dan telah disampaikan ke pemerintah pusat,” kata Iip Miftahul Khoiry, Selasa (10/9/2019).

Iip sering mendapat aspirasi secara langsung mengenai keinginan masyarakat di wilayah tersebut yang menginginkan terbentuknya DOB Cilangkahan. Hal itu terjadi karena jauhnya rentang kendali ke Ibu Kota Kabupaten Lebak dan percepatan peningkatan kesejahteraan.

”Saya sering mendapat aspirasi itu secara langsung dari masyarakat. Saya melihat ini sebagai kebutuhan, khususnya terkait pelayanan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong pemerintah pusat untuk mencabut moratorium DOB Cilangkahan dan segera merealisasikan Cilangkahan jadi kabupaten baru di Banten sebagai pemekaran dari Kabupaten Lebak.

”Sebagai bahan pertimbangan pemerintah pusat. Kita tahu bahwa Pemprov Banten sudah merekomendasikan dan semua dokumen sudah disampaikan ke pusat, jadi tinggal diproses saja,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya kembali meyakinkan, bahwa pemerintah daerah serius mendorong terbentuknya DOB Kabupaten Cilangkahan.

”Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah serius mendorong terbentuknya DOB Cilangkahan,” ujar anak mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya (JB) ini di hadapan ratusan warga yang menghadiri Festival Merdeka Nasisir Bagedur 2019, di Pantai Bageudur Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Ahad (8/9/2019). (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here