Rabu, 17 Januari 2018

Pemekaran tak Pengaruhi Pilkada

SERANG, (KB).- Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin mengatakan, pemekaran kecamatan yang akan dilakukan di Kota Serang tidak akan memengaruhi dalam penyelenggaraan Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

Ia mengatakan, pihak KPU Kota Serang bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang telah membahas terkait hal tersebut. Pihak Disdukcapil Kota Serang, kata dia, sudah menjelaskan, bahwa pemekaran efektif dilaksanakan setelah Pemilu 2019.

“Jadi, intinya tidak mengubah jumlah dapil (daerah pemilihan) yang ada. Untuk saat ini jumlah dapil yang telah kami usulkan, yaitu 2 variabel ada 6 dan 7 dapil,” ujarnya kepada Kabar Banten, Sabtu (9/12/2017).

Setelah dilakukan pemekaran di Kota Serang, dia menilai, tahapan selanjutnya tidak langsung memecah dapil. Langkah awal untuk menentukan dapil, KPU Kota Serang perlu melihat terlebih dahulu kursi per dapil-nya. “Kursi dapil di Kota Serang itu kan minimal 3 dan maksimal 12 kursi,” ucapnya.

Menurut dia, dapil tersebut bisa menjadi bagian kecamatan atau gabungan kecamatan dengan kecamatan. Tahapannya, yaitu melihat komposisinya dan kursi setiap dapil tidak boleh terlalu kecil dan tidak boleh melebihi batas maksimal. “Jadi, sebenarnya tidak ada pengaruh juga untuk dapil ini kalau untuk penggabungan. Kecuali penggabungannya kelurahannya itu dipecah,” tuturnya. (TM)***


Sekilas Info

Di Pasar Induk Rau, PKL Kembali Padati Bahu Jalan

SERANG, (KB).-¬†Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Pasar Induk Rau (PIR) kembali menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *