Pembuatan Drainase Lamban, Penyebab Banjir Bandang

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon berdikusi dengan perwakilan PT Bahanasemesta Adinusantara, perusahaan pengembang perumahan Bukit Cilegon Asri (BCA), terkait jebolnya tanggul air yang mengakibatkan banjir bandang dilingkungan curug masjid, Kelurahan Bendungan, Kota Cilegon.*

CILEGON, (KB).- PT Bahanasemesta Adinusantara, perusahaan pengembang perumahan Bukit Cilegon Asri (BCA), mengakui adanya kesalahan prosedur yang menyebabkan banjir bandang di Lingkungan Curug Masjid, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Senin (18/2/2019), yakni mengurug saluran irigasi yang menyebabkan meluapnya air.

General Manager PT Bahanasemesta Adinusantara Mashadi mengatakan, terdapat sejumlah persoalan di area pengembangan perumahan.

“Di sana ada pembebasan lahan yang lamban, karena pada prosesnya terjadi tumpang tindih karena banyak orang berkepentingan. Lalu ada kegiatan yang tidak saya ketahui, saluran air tertutup progres cut and fill,” katanya saat diwawancara usai memenuhi panggilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, Selasa (19/2/2019).

Baca Juga: Tanggul Jebol, Banjir Bandang Landa Lingkungan Curug Masjid

Rencananya, kata Mashadi, pihaknya akan membuat saluran drainase di saluran air tersebut. Sayangnya hal tersebut lamban dilakukan, sehingga terjadilah luapan air. “Karena air meluap besar jadi jebol. Banjir bandangnya tidak terlalu lama kok, hanya lima menit,” ujarnya.

Imbas dari insiden itu, lahan-lahan yang belum terbebaskan mengalami kerusakan. Terkait hal ini, pihaknya siap memberikan ganti rugi. “Nanti ada perhitungannya lewat Pak Lurah. Kami pun telah menyiapkan dua alat berat untuk merapikan saluran drainase itu,” tuturnya.

Terkait aliran sungai yang tercemar BBM jenis solar, Mashadi juga mengakui. Katanya, dua drum berisi 30 liter solar tumpah setelah tersapu banjir bandang. “Dua drum solar itu isinya 30 liter, untuk kepentingan operasional cut and fill. Itu terbawa luapan air dan tumpah,” ungkapnya.(AH)*

1 KOMENTAR

  1. Jangankan drainase pihak pengembang serba lambat semua jangan deh beli rumah di Perum Bukit Cilegon Asri serba lambat semua pegawai nya pada ga becus kerja nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here