Selasa, 13 November 2018
Spanduk peringatan yang berisi doa terpampang di sekitar Jembatan Tol Pipitan, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Kota Serang,Selasa (10/7/2018).*

Pembuang Sampah Sembarangan Didoakan Dicabut Nyawanya

Geram pada pembuang sampah sembarangan, Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) Situ Ciwaka Walantaka memasang spanduk peringatan bertuliskan doa, agar pembuang sampah di Jalan Raya Ciruas-Walantaka, tepatnya di atas Tol Pipitan, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang dicabut nyawanya. Doa pada spanduk terbilang lucu, tetapi juga kejam, doa pada spanduk tersebut bertuliskan ”Ya Allah, cabutlah nyawa orang yang buang sampah di daerah sini”.

Sekretaris Pokdarwis Situ Ciwaka, Slamet Ibnu Hadi mengatakan, spanduk tersebut merupakan imbauan kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Kami memasang imbauan yang menyentuh hati, supaya masyarakat sadar dan saling menjaga akan kebersihan. Saya juga mengharapkan tidak membuang di Kawasan Tol Pipitan, karena itu pencemaran lingkungan di Kecamatan Walantaka,” katanya kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Sampah yang berserakan di sekitar Jembatan Tol Pipitan, menurut dia, diduga berasal dari sampah rumah tangga warga yang tinggal di kompleks yang lokasinya tidak jauh dari lokasi tumpukan sampah tersebut. “Biasanya warga membuang sampah ini di tengah malam saat jalanan sepi dan di pagi hari saat berangkat kerja,” ujarnya.

Hal tersebut, menurut dia, diakibatkan, karena tidak adanya fasilitas untuk menampung sampah. Sehingga, dia mendesak kepada pemerintah daerah maupun pengembang perumahan untuk memberikan fasilitas penampungan sampah, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. “Saya tekankan kepada pemerintah dan pengembang untuk ke depan, agar memfasilitasi secara maksimal baik tempat sampah yang luas, juga sarana untuk pengangkut sampah,” ucapnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Serang, Jumhadi menyampaikan keprihatinannya saat mengetahui penumpukan sampah di sekitar Jembatan tol Pipitan. Ia mengimbau kepada dinas terkait untuk segera mengangkut tumpukan sampah tersebut, karena selain mengganggu pengguna jalan, sampah tersebut juga mencemari lingkungan.

“Diimbau kepada masyarakat, agar bisa menjaga lingkungannya, jangan buang sampah sembarangan, dan harus mempunyai budaya malu,” tuturnya. Politisi dari Partai Nasdem Kota Serang tersebut prihatin atas perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan. “Kalau terus dibiarkan, ke depan akan menimbulkan wabah penyakit, dikarenakan bau busuk sampah,” katanya. (Masykur/YY)*


Sekilas Info

Foto Bugil Mantan Disebar di Facebook

AM (22) janda asal Kabupaten Pandeglang melaporkan mantan suaminya berinisial AN ke Polda Banten, Senin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *