Kamis, 13 Desember 2018

Pemberian Tunjangan Untuk Guru Honorer Diapresiasi

TANGERANG, (KB).- Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tangerang mengapresiasi pemerintah daerah dalam pemberian tunjangan guru honorer SD dan SMP setiap bulan dari APBD setempat. “Untuk mengajar perlu biaya, meski dianggap tidak mencukupi, tapi ini sebagai bukti, bahwa keberadaan guru honorer dihargai,” kata Kepala PGRI Kabupaten Tangerang, Kosrudin.

Ia mengatakan, pemberian tunjangan guru oleh pemerintah daerah dapat memberikan motivasi dalam mendidik di sekolah, sehingga mereka mendapatkan kepastian setiap bulan berupa honor. Pernyataan tersebut terkait Pemkab Tangerang mengharapkan, para guru honorer SD dan SMP memiliki semangat tinggi dalam mengajar, karena telah ada kepastian mendapatkan honor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menuturkan, sebagai bentuk kepedulian terhadap guru, sehingga harus ada tanggung jawab moral untuk mendidik murid sebagai generasi penerus bangsa.
Namun, tidak ada lagi alasan para guru honorer untuk malas mengajar, karena sudah ada kepastian menerima honor.

Baca Juga: Guru Honorer Diberi SK

Pemkab Tangerang memberikan surat penugasan (SP) kepada sebanyak 8.622 guru honorer tingkat SD dan SMP dalam kaitan memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Dalam SP Nomor 800/1344-Disdik tersebut, diharapkan guru memiliki kepastian mengajar di kelas dan mendapatkan honor dari pemerintah setempat.

Sedangkan, guru honorer yang mendapatkan SK tersebut, mengajar pada sekolah yang tersebar pada 29 kecamatan dan 426 desa/kelurahan. Guru SD menerima honor sebesar Rp 822.000 dan guru SMP mendapatkan sebesar Rp 824.000 yang berasal dari APBD setempat.

Selain mendapatkan honor dari APBD, guru juga menerima tunjangan dari dana bantuan operasional sekolah (BOS) sebesar 15 persen. Ia menambahkan, SP tersebut berfungsi ganda untuk pengambilan honor dari APBD dan sebagai bukti untuk menerima tunjangan dari dana BOS.

Sebelumnya, dasar mengeluarkan SP, adalah Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis BOS dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 118 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Kewenangan, agar kepala Dinas Pendidikan bertanggung jawab terhadap honor guru. (DA)*


Sekilas Info

Untirta Raih Akreditasi A

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meraih akreditasi A dari program akselerasi akreditasi perguruan tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *