Pembangunan Tahap 2, Terminal Tunjung Teja Dilelang Mei 2019

SERANG, (KB).- Proyek pembangunan tahap dua Terminal Tunjung Teja, di Kecamatan Tunjung Teja direncanakan dilelang Mei 2019. Proyek yang akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,1 miliar di tahap dua ini masih dalam proses pematangan detail enginering design (DED).

Pantauan Kabar Banten, proyek terminal tersebut, kini tampak sudah berdiri tegak. Namun demikian, di lokasi tersebut, masih terlihat sepi dan baru memiliki beberapa bangunan. Selain itu, di salah satu dinding pagar terminal yang baru selesai tersebut, tampak sudah ada coretan yang dibuat oleh seseorang. Coretan tersebut, membuat dinding pagar tampak kotor.

Kepala Bidang Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Kabupaten Serang Muhamad Edy Firdaus Lutfie menuturkan, saat ini proyek tersebut, masih belum selesai. Rencananya akan dibangun tahap kedua. Untuk tahap kedua tersebut, rencananya akan dibangun ruang tunggu, gedung administrasi hingga taman. Namun, saat ini tahap kedua masih berkutat pada pematangan DED.

“Mudah-mudahan bulan depan kami lelang. Kalau sudah selesai semua baru kemudian akan dilakukan peresmian dan dibuka,” katanya, Ahad (21/4/2019).


Ia mengatakan, pembangunan tahap kedua tersebut, anggaran yang disediakan sekitar Rp 1,1 miliar. Anggaran tersebut, untuk melengkapi bangunan tersebut. Proyek tersebut, ditargetkan selesai dan bisa beroperasi pada 2020.

Ia mengungkapkan, pada tahap pertama anggaran yang dihabiskan untuk fisik mencapai Rp 2,2 miliar. “Itu di luar pengadaan lahan, hanya untuk anggaran jalan sama jalur, pemadatan, dan pembangunan pagar saja. Tahap satu itu baru dibangun jalur sama jalannya. Jadi, belum bisa digunakan, karena belum selesai,” ucapnya.

Disinggung terkait kemungkinan optimalnya keberadaan terminal tersebut, dia mengatakan, perlu melibatkan semua pihak terkait. “Kalau dipastikan sebenarnya gimana semua yang terkait, dari pengemudi, dalops hingga kepolisian harus ikut terlibat,” ujarnya.

Namun demikian, dia optimistis, terminal tersebut, tidak akan sama dengan Tanara. Terminal bertipe C tersebut, diyakini akan optimal. Sebab, di sekitar terminal tersebut, Pemkab Serang juga akan membangun Pasar Tunjung Teja.

“Kalau dilihat strategis, di situ bagus. Tapi, kalau soal trayek kami hanya tahu yang kabupaten saja, kalau trayek provinsi kami enggak tahu jumlahnya. Mudah-mudahan dengan adanya pasar di sana, terminal bisa produktif,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here