Pembangunan Sport Center Kota Cilegon Dikebut

CILEGON, (KB).- Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Cilegon terus kebut pembangunan Sport Center Kota Cilegon. Pada 2019 ini, dinas tersebut fokus pada lintasan atletik dan penyelesaian tribun utara, selatan, dan timur.

Kepala BPBJ Kota Cilegon Syafrudin Pakpahan mengatakan, Dispora Kota Cilegon telah mengajukan lelang kegiatan lanjutan Sport Center. Bahkan, saat ini telah ada pemenang lelang dan sedang masuk masa sanggahan.

“Pemenang lelangnya PT Arafah Alam Sejahtera. Sekarang ini sedang masuk masa sanggahan, jadi belum resmi menang,” katanya.

Menurut dia, pembangunan lintasan atletik akan dilakukan dengan teliti dan cermat. Mengingat hasil pembangunannya akan diverifikasi oleh International Association of Athletics Federations (IIAF).

“Lintasan atletiknya kan standar internasional, jadi harus melalui tahap sertifikasi dari IAAF. Sehingga, Sport Center nanti tidak hanya digunakan untuk satu cabang olah raga sepak bola saja, tapi berbagai macam cabang olah raga termasuk atletik,” ujarnya.

Selain pembangunan Sport Center, dia mengatakan, jika sejumlah megaproyek lain juga telah masuk tahap lelang. Salah satunya pembangunan gedung enam lantai Setda Pemkot Cilegon.

“Kegiatan tahap satu gedung enam lantai juga sudah masuk lelang. Saat ini, masih dalam proses,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Cilegon Teten Hertiaman mengatakan, pembangunan lintasan atletik akan dilakukan dengan hati-hati. Ia menuturkan, rumput lintasan atletik akan menggunakan synthehtic rubber yang bahan bakunya di impor dari Jerman.

“Bahan terbaik itu dari Jerman, kami ingin bahan terbaik untuk lintasan atletik ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan, lintasan atletik yang akan dibangun bertaraf internasional. Lintasan atletik tersebut, lanjut dia, mengelilingi lapangan sepak bola dengan panjang 400 meter dan lebar sekitar 9 meter.

“Lintasan atletik ini dapat digunakan berbagai macam olah raga atletik seperti lari, lompat galah, dan sebagainya,” katanya.

Pembangunan lintasan atletik tersebut, akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 19 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon 2019. Sementara, untuk penyelesaian tribun stadion anggaran sekitar Rp 12 miliar. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here