Pembangunan RSUD Kota Serang Baru 26 Persen

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota Serang menargetkan tahap awal pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang di Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya rampung akhir 2017 dan dapat beroperasi pada 2018. Namun, sampai menjelang akhir Juni 2017 pekerjaan pembangunan RSUD tersebut baru mencapai sekitar 26 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Serang Hasan mengatakan, Dinkes Kota Serang menargetkan pekerjaan pembangunan RSUD selesai akhir 2017. Oleh karena itu, Dinkes juga menekankan pada pihak kontraktor agar menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

“Pak Kadinkes juga sudah menekankan ke pihak yang mengerjakan dalam hal ini kontraktor supaya pekerjaannya selesai akhir tahun ini. Dalam perjanjian kerjanya selesai Desember 2017, itu dikerjakan siang malam. Setahu saya sekarang progres pembangunan sudah 26 persen,” katanya, Ahad (2/7/2017).

Hasan mengungkapkan, anggaran untuk pembangunan gedung RSUD sekitar Rp 41 miliar. Anggaran tersebut masih kurang karena belum termasuk anggaran untuk alat kesehatan (Alkes), meubeler dan kebutuhan lainnya sampai RSUD dapat beroperasi pada 2018.  “Di APBD perubahan kami mengajukan tambahan sekitar Rp 6 miliar untuk alkes dan meubeler, mudah-mudahan disetujui,” ujarnya.

Menurut Hasan, sebenarnya anggaran tersebut juga masih kurang, tapi karena APBD Pemkot Serang terbatas, sehingga pengajuan angaran dilakukan secara bertahap. “Kami secara bertahap akan mengajukan lagi di APBD murnii 2018 kekurangannya sekitar Rp 20 miliar, itu termasuk untuk kelanjutan pembangunan dan kebutuhan lainnya. Insya Allah 2018 RSUD sudah bisa beroperasi,” katanya.

Sementara Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman mengatakan, dari laporan hasil rapat evaluasi triwulan dua, khusus untuk pembangunan RSUD sudah berjalan dengan baik dan ada progres presentasinya. “Diharapkan pembangunan RSUD yang ditargetkan rampung diakhir periode saya ini, bisa selesai tepat waktu dan 2018 diharapkan sudah bisa dipergunakan, walaupun pembangunannya belum selesai atau baru tahap pertama karena anggaran juga terbatas. Tapi pembangunan tahap pertama ini diharapkan bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Jaman optimistis pembangunan tahap pertama RSUD Kota Serang dapat selesai sesuai jadwal karena masih memiliki banyak waktu sampai akhir 2017. “Kalau melihat dari schedule, progresnya sampai sekarang ini masih ada waktu. Informasinya pembangunan juga dikerjakan siang malam. Kami harap pembangunan selesai tahap pertama 2017 dan bisa digunakan untuk pelayanan pada 2018. Secara bertahap akan dilengkapi perlengkapan untuk pelayanannya seperti alkes dan lainnya,” tuturnya.

Untuk penambahan anggaran di APBD perubahan, kata Jaman, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran. “Pembahasan untuk APBD perubahan nya juga kana belum, tapi insya Allah ditambah anggarannya. Dinas terkait juga sudah melakukan analisa kebutuhan selain gedung agar RSUD bisa beroperasi memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat,” tuturnya. (H-40)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here