Pembangunan Pelabuhan Kecil di Tanara Batal

SERANG, (KB).- Rencana pembangunan pelabuhan kecil untuk pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara diprediksi batal.

Hal tersebut, menurut Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang, karena belum ada alokasi anggaran untuk pembuatan detail engineering desain (DED) proyek tersebut.

Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Kabupaten Serang Iim Rohimuddin mengatakan, pada awalnya di wilayah Tanara tersebut, akan dibangun pelabuhan kecil. Akan tetapi, rencana tersebut, kemungkinan batal, karena sampai saat ini belum ada alokasi anggaran untuk membuat DED.

“Enggak dikasih anggaran, jadinya batal,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (19/1/2020).

Baca Juga : Dukung Wisata Religi di Tanara, Dishub akan Bangun Pelabuhan Kecil

Ia menjelaskan, untuk pembentukan DED tersebut, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 200 juta. Ia tidak bisa mengupayakan penganggaran ke Pemerintah Pusat.

“Ke pusat gimana, orang belum ada undangan ke sana,” ujarnya.

Disinggung seberapa penting keberadaan pelabuhan tersebut, dia mengatakan, rencananya pembangunan pelabuhan tersebut, untuk mendukung program wisata religi. Akan tetapi, anggaran yang ada tersedot ke penerangan jalan umum (PJU).

“Berhubung anggaran ke PJU semua jadi enggak dapat anggaran,” ucapnya.

Sebelumnya, dia menuturkan, pelabuhan tersebut, tadinya akan dibangun di sekitar area pondok pesantren (Ponpes) milik Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Di sekitar kawasan wisata religi tersebut, terdapat aliran sungai menuju ke arah Ponpes An Nawawi.

“Yang bersandar kapal kecil atau kapal wisata, karena katanya ada wisatawan luar masuk ke Tanara juga. Jadi, kami akan sediakan pelabuhannya,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here