Kamis, 21 Juni 2018

Pembangunan Pasar Curug Terkendala Lahan

SERANG, (KB).- Proses pembangunan pasar tradisional di Kecamatan Curug, Kota Serang hingga saat ini masih terkendala masalah lahan. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kota Serang, Ahmad Benbela menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan legalitas lahan untuk membangun pasar di Kecamatan Curug.

“Curug itu belum dibangun, karena belum jelas, legalitas tanahnya belum jelas. Jadi, tinggal Kecamatan Curug yang belum dibuat pasar tradisionalnya,” katanya kepada Kabar Banten, Sabtu (17/2/2018). Menurut dia, dalam prosesnya dokumen untuk memperkuat legitas lahan belum ada, seperti sertifikat yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Serang. “Mudah-mudahan di beban anggaran biaya ada kejelasan untuk pembangunannya ini,” ujarnya.

Ia menuturkan, pembangunan pasar di setiap kecamatan merupakan program Disperindagkop pada 2017. Pasar tradisional dibangun untuk mempermudah akses masyarakat yang jauh dari Pasar Rau. Sebab, mayoritas masyarakat Kota Serang lebih banyak berbelanja di Pasar Rau. Selain itu, pembangunan pasar tradisional di tiap kecamatan juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Kalau pasar di Kasemen itu nantinya para pedagang yang di Karangantu itu bisa berada di situ, jadi supaya tidak ada lagi pedagang yang berjualan di pinggiran,” ucapnya. Anggaran untuk membangun pasar di tiap kecamatan tersebut, yaitu sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 5 miliar untuk pasar tipe C. “Anggaran untuk satu pasar itu sekitar Rp 1 sampai Rp 5 miliar,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk pasar tipe C syarat minimalnya seluas 3.500 meter. Jumlah pedagang minimal, yaitu 50 pedagang atau lebih. Selain itu, untuk jumlah pedagang dapat menyesuaikan dengan anggaran yang didapat. “Tapi, rata-rata itu 50 pedagang untuk satu pasar tradisional di tiap kecamatan di Kota Serang yang sudah dibangun. Saat ini, hanya tinggal Curug saja, Insya Allah tahun ini bisa segera diselesaikan masalah lahannya,” katanya. (TM)***


Sekilas Info

Para Calon Anggota Legislatif Wajib Tahu Ini

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 dengan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *