Kamis, 21 Februari 2019

Pembangunan Masjid Agung Dilanjutkan, Pemkot Serang Cari Lokasi Ideal

SERANG, (KB).- Rencana pembangunan Masjid Agung Kota Serang akan tetap dilanjutkan. Pemerintah Kota (Pemkot) Serang saat ini sedang mencari lokasi lain yang ideal. Sebelumnya, masjid tersebut akan dibangun di Alun-alun Barat. Namun, berdasarkan hasil studi kelayakan (feasibility study) alun-alun diketahui merupakan cagar budaya.

“Menurut studi kelayakan Alun-alun Kota Serang sebagai tapak masjid itu ternyata menurut kajian tidak layak. Tapi, kebijakan dari Wali Kota Serang yang baru (Syafrudin), pembangunan masjid akan tetap dilanjutkan,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang, Djoko Sutrisno, Selasa (15/1/2018).

Ia menuturkan, pemkot masih mencari beberapa alternatif tempat pembangunan masjid yang ideal. “Kami juga akan melakukan kajian untuk uji kelayakannya di mana lokasi masjid yang ideal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk memilih lokasi pembangunan masjid tersebut, masih ada sejumlah proses dan pengkajian yang harus dilalui. “Pembangunan masjid itu tetap akan dilanjutkan, tapi lokasinya nanti ditentukan dan masih harus dikaji kembali,” ucapnya.

Ia menjelaskan, ada dua kegiatan yang dilakukan pada tahun ini termasuk kajian ulang pembangunan Masjid Agung Kota Serang. “Rencananya di tahun ini ada dua kegiatan. Pertama, membuat masterplan sekaligus membuat feasibility study (FS) masjid. Ya antara Agustus atau September nanti, tapi yang pasti di tahun ini,” tuturnya.

Ia menuturkan, proyek Masjid Agung tetap dilanjutkan, karena masyarakat banyak juga yang mendukung. Hanya saja, kata dia, masih dibutuhkan sejumlah tahapan, seperti kajian ulang dan studi kelayakan lokasi yang tepat.

Diketahui, Pemkot Serang telah mengalokasikan anggaran untuk detail engineering design (DED) dan konstruksi pembangunan Masjid Agung Kota Serang sebesar Rp 30 miliar pada APBD 2019. Anggaran tersebut, akhirnya dialihken untuk belanja publik.

“Anggaran itu dialihkan untuk belanja publik. Ada yang untuk jalan, ada yang untuk PKL (pedagang kaki lima), pendidikan, dan semua yang terkait dalam belanja publik,” ujarnya. (Rizki Putri/RI)*


Sekilas Info

Renstra Harus Sesuai Arah Pembangunan Kota Serang

SERANG, (KB).- Rencana strategis (Renstra) 2019-2023 dan rencana kerja (Renja) organisasi perangkat daerah (OPD) 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *