Pembangunan KPW di Kawasan Kesultanan Banten Ditarget Awal Juli

Kawasan Kesultanan Banten

SERANG, (KB).- Pembangunan Kawasan Penunjang Wisata (KPW) di Kawasan Kesultanan Banten di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen ditargetkan awal Juli 2019. Saat ini, prosesnya masih dalam tahap lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang M Ridwan mengatakan, saat ini proyek pembangunan KPW masih dalam proses lelang di ULP. Pagu anggaran yang disiapkan dari Bantuan Provinsi (Banprov) untuk pembangunan di KPW sebesar Rp 10 miliar.

”Baru proses lelang di ULP. Mudah-mudahan awal Juli sudah bisa dimulai. Kalau anggaran dari Banprov (Bantuan provinsi) itu sekitar Rp 10 miliar,” katanya, Jumat (14/6/2019).

Rencananya, pembangunan KPW tersebut akan dimulai dengan meratakan seluruh tanah karena kondisi permukaan tanah di lokasi tidak rata. “Nanti kami ratakan dulu tanahnya, karena kan lahannya tidak rata, ada yang berlubang juga,” ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Ahmad Yani berharap, pembangunan KPW dapat segera dilaksanakan. Menurutnya, apabila lahan di KPW tersebut telah selesai, dipastikan akan dapat menampung kendaraan yang hendak berwisata ziarah ke kawasan Banten Lama.

”Untuk lahan parkir di KPW sendiri ada sekitar 2 hektare. Bisa dibayangkan kalau itu sudah selesai, seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan enam semuanya akan dialihkan ke sini (KPW). Kami pastikan tidak ada lagi parkir-parkir liar yang meresahkan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, saat ini pihaknya bersama Pemprov Banten sedang menata kembali pengelolaan parkir di Kawasan Wisata Banten Lama. ”Karena saat ini masih banyak parkir liar yang tidak direkomendasi oleh Dishub Kota Serang,” tuturnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here