Pembangunan Asrama Haji Berlanjut

SERANG, (KB).- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten berencana melanjutkan pembangunan Asrama Haji Banten yang sebelumnya sempat tersendat oleh pengadaan tanah. Progres awal pembangunannya ditargetkan sudah mulai tahun 2018. Kepala Kanwil Kemenag Banten, A Bazari Syam, mengatakan, penyebab utama tersendatnya pembangunan Asrama Haji yaitu pengadaan lahan. Semula lokasi yang dipilih untuk pendiriannya di Kota Tangerang dan Kota Serang. Namun hingga kini, di dua daerah ini belum ada kepastian.

“(Kendalanya) soal lahan, sampai sekarang Pemerintah Kota Tangerang belum bisa memberikan kepastikan lahan kepada Kemenag Banten. Sementara dari Pemkot Serang juga terbatas dengan lahan,” ucapnya, kemarin. Lokasi yang paling strategis pembangunan asrama sebenarnya ada di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Serang. Ketiganya lebih refresentatif dan lebih mudah dijangkau akses tranfortasi. Sebab, pembangunan tidak mungkin dilakukan pada lokasi yang sulit dijangkau. “Kalau untuk di Kota Serang diusulkannya di dekat Pintu Tol Serang Timur,” ujarnya.

Disamping itu, ketiga daerah tersebut mempunyai jarak tempuh terbilang dekat dengan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, yang digunakan untuk pemberangkatan jamaah haji. “Lebih rasional kalau Asrama Hajinya di pusat ibu kota provinsi,” katanya. Adapun kebutuhan lahan yang harus tersedia, kurang lebih 8 hektar tanah. Kebutuhan ini, berikut dengan kebutuhan untuk penyediaan fasilitas penunjangnya. “Kedepan supaya cepat terealisasi, saya mohon dukungan juga dari semua pihak. Jemaah haji butuh asrama, soal pengadaan lahan juga akan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten,” katanya.

Asrama Haji di Pondok Gede

Dia menuturkan, penyediaan Asrama Haji di Banten menjadi kebutuhan mendesak, mengingkat jemaah haji terus bertambah. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari jamaah haji asal Jakarta dan Lampung. Jamaah haji asal Banten yang berangkat tahun ini saja mencapai 9420. “Jakarta saja yang jamaah haji hanya 7 ribu punya Asrama Haji. Lampung hanya 5 ribu lebih juga punya,” tuturnya.

Kasi Pembinaan Haji pada Kanwil Kemenag Banten, H Deni Rusli mengatakan, saat ini jamaah haji asal Banten masih mengandalkan Asrama Haji di Pondok Gede, Bekasi. Untuk itu, ia berharap pembangunan Asrama Haji di Banten akan terealisasi.”Keberangkatan jamaah haji sekarang ini kan banyak menggunakan Bandara Soekarno Hatta, maka paling mungkin agar lebih dekat adalah dengan mendirikan asrama haji di wilayah Banten,” katanya. (H-51)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here