Pembangunan Alun-alun Kecamatan Walantaka, Pemkot Serang Anggarkan Rp 4 Miliar

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang menganggarkan Rp 4 miliar, untuk pembangunan Alun-alun Kecamatan Walantaka. Sumber dananya tersebut, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni 2020.

Kepala DPRKP Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan untuk pembebasan lahan dan pembangunan fisik alun-alun. Namun, untuk lokasi pembangunannya belum ditentukan dan masih melakukan survei. Rencana pembangunan alun-alun di setiap kecamatan tersebut, merupakan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang.

“Jadi, anggaran Rp 4 miliar itu, untuk pembebasan lahan kurang lebih 1.000 meter. Kemudian, untuk lokasi tepatnya alun-alun itu belum ditentukan, karena kami baru akan mulai melakukan survei dulu. Nanti, setelah dilelang baru pelaksanaan pembangunannya dimulai. Kalau sekarang kami masih survei dulu,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Ia menjelaskan, tujuan dari pembangunan alun-alun kecamatan sendiri sebagai sarana pusat kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan.

“Fasilitas-fasilitas untuk penunjang masyarakat bisa dilakukan di alun-alun, seperti acara kenegaraan, upacara 17 Agustus, dan fasilitas kegiatan publik lainnya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk saat ini baru satu kecamatan yang sudah memiliki alun-alun, yaitu Kecamatan Kasemen.

“Kecamatan Taktakan masih dalam proses pembahasan, karena terkendala lahannya, sedangkan untuk Kecamatan Cipocok Jaya dan Kecamatan Curug juga belum ada,” ucapnya.

Sementara, Camat Walantaka Karsono mengatakan, tahun ini di wilayahnya akan dibangun alun-alun kecamatan. Namun, untuk lokasi dan tempatnya saat ini masih dilakukan survei.

Ia berencana untuk menggunakan alun-alun tersebut, sebagai pusat keramaian serta berbagai acara, baik pemerintahan maupun masyarakat. Sebab, selama ini masyarakat tidak memiliki tempat untuk berbagai aktivitas olah raga maupun lainnya.

“Karena pembangunan alun-alun ini merupakan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang dalam lima tahun ke depan. Alun-alun ini pun nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan pemerintahan dan masyarakat Walantaka. Jadi, mereka sudah memiliki alun-alun sendiri sebagai pusat kegiatan,” tuturnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here