Pembangunan 1.000 Perpustakaan, Pemprov Banten Butuh Rp 20 Miliar

SERANG, (KB).- Pembangunan 1.000 perpustakaan di Banten dilakukan secara bertahap dan rencananya akan dimulai pada 2018. Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, Ajak Moeslem, untuk membangun 1.000 perpustakaan tersebut dibutuhkan anggaran sekitar Rp 20 miliar. ”Memang membutuhkan dana yang cukup besar, kami estimasikan satu perpustakaan itu Rp 100 juta. Dananya dari mana saja, bisa juga bekerja sama dengan swasta, walaupun pemprov mengalokasikan dana APBD untuk membangun perpustakaan,” katanya ditemui di kantor, Senin (25/9/2017).

Menurut dia, anggaran tersebut hanya untuk membangun fisik perpustakaan saja, belum termasuk isi perpustakaannya. ”Membangun fisik saja, tapi bangunan di dalamnya belum siap. Kalau dari DKP sendiri siap membantu pelatihan untuk membekali pengelola perpustakaan dan membangun perpustakaan juga kan harus dilihat dari sarana prasarana, fasilitas dan pengelola, serta buku-buku pendukung lainnya. Kalau hanya gedungnya saja untuk apa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, saat ini Banten memiliki 2.186 perpustakaan yang tersebar di delapan kabupaten/kota. Rinciannya, perpustakaan desa sebanyak 380 unit, perpustakaan pesantren 43 unit, perpustakaan sekolah 1.697 unit, perpustakaan perguruan tinggi sebanyak 39 unit, dan perpustakaan khusus sebanyak 27 unit. “Dengan jumlah sebanyak 2.186 perpustakaan yang ada, ditambah dengan 1.000 perpustakaan nanti, yang terpenting adalah sumber daya manusianya,” ucapnya.

Program 1.000 perpustakaan yang diwacanakan Gubernur Banten diharapkan bisa terlaksana pada 2018. “Sesuai dengan program kerja 5 tahun ke depan, membangun perpustakaan itu kan sebenarnya kami menginginkan masyarakat di Banten menjadi pintar. Kalau kami (DPK) sudah siap melaksanakan kebijakan-kebijakan pemprov sesuai dengan program kerja untuk membangun 1.000 perpustakaan,” tuturnya. Ia berharap, program 1.000 perpustkaan tersebut dapat didukung semua pihak. “Semoga cepat terlaksana dan banyak pihak yang membantu membangun perpustakaan, seperti PT Angkasa Pura yang telah memberikan bantuannya, bisa saja kan perusahaan-perusahaan lain juga ingin membantu membangun,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim menyatakan akan membangun 1.000 perpustakaan yang akan disebar di wilayah Provinsi Banten. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak minat baca masyarakat Banten. Hal tersebut disampaikan dia pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan 2017 di Kantor DPK Banten, Kota Serang, Selasa (19/9/2017) lalu. “Saya punya semangat bangun 1.000 perpustakaan sampai ke desa-desa. Nanti masyarakat gemar membaca, kami gerakkan. Gerakan gemar membaca perlu digalakkan di lingkungan masyarakat,” katanya. (DE)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here