Pembahasan Raperda PUK Buntu

SERANG, (KB).- Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penyelengaraan usaha kepariwisataan (PUK) Kota Serang hingga saat ini tak kunjung rampung. Hal tersebut, karena antara legislatif dengan eksekutif belum menemui kata sepakat. Kepala Bagian Hukum Pemkot Serang, Yudi Suryadi menuturkan, raperda PUK segera rampung jika antara eksekutif dan legislatif sudah mencapai kata kesepakatan.

“Kalau sudah clear langsung difasilitasi. Yang belum dapat disepakati ada banyak hal, saya tidak bisa menyebutkannya, karena itu kebijakan,” katanya, Rabu (4/4/2018). Ia menjelaskan, pembahasan raperda PUK memang sudah lama tak mendapatkan titik temu. “Untuk menentukan rentang waktunya sulit, karena saya hanya sebagai pelaksana saja. Kalau kebijakannya belum clear ya belum bisa ditentukan oleh waktu,” ujarnya.

Saat ini, raperda PUK masih dalam tahap pengkajian lebih mendalam. “Saat ini, kami masih melakukan pengkajian lebih mendalam untuk raperda PUK,” ucapnya.
Atas kondisi tersebut, pemkot belum dapat menyerahkan draf raperda PUK ke provinsi untuk dilakukan fasilitasi. “Belum diserahkan ke provinsi, karena harus ada kesepakatan. Dari dewan belum ada kesepakatan, harus sepakat dulu kalau mau difasilitasi,” tuturnya.

Menurut dia, Pemkot Serang sudah pernah menyerahkan sebanyak dua kali raperda PUK ke dewan, namun tetap saja belum ada kesepakatan. “Yang penting untuk soal hiburan itu ada izinnya dan bisa masuk ke Perda Kota Serang Nomor 10 Tahun 2010 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3),” katanya.

Sementara itu, Ketua Pansus Raperda PUK, Abdul Muhit menuturkan, raperda PUK sudah diserahkan ke Pemkot Serang. Ia mengatakan, tidak mengetahui seperti apa posisi atau perkembangan raperda tersebut saat ini. “Silakan tanya seperti apa posisinya. Kami sudah lama menyerahkannya itu ke pemkot dan kami menganggap usaha kami sudah selesai untuk pembahasan kedua,” ujarnya.

Ia menuturkan, sebelumnya raperda PUK tersebut sempat dikembalikan oleh provinsi dan langsung diperbaiki. “Itu sudah kami nyatakan selesai dan sudah diserahkan beberapa bulan yang lalu. Jadi, silakan tanya ke pemkot seperti posisinya sekarang,” ucapnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here