Pemaparan Visi Misi Calon Wakil Wali Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati dan Reno Yanuar Adu Program

CILEGON, (KB).- Dua calon Wakil Wali Kota Cilegon yakni Ratu Ati Marliati dan Reno Yanuar, memaparkan visi dan misi di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Cilegon, Kamis (11/4/2019). Dalam pemaparan visi misi itu, keduanya beradu program unggulan.

Sebagai calon nomor 1, Ratu Ati mendapat kesempatan pertama untuk memberikan paparan. Saat itu, penyampaian visi dan misi Ratu Ati didukung tampilan slide show, berisikan data-data capaian kinerja Pemkot Cilegon selama beberapa tahun terakhir.

Cukup menarik untuk disimak. Ratu Ati menampilkan jargon atas pencalonannya dalam slide show, yakni #RAM yang berarti Ratu Ati Marliati. Ini cukup menyaingi jargon RY yang selama ini telah digunakan oleh Reno Yanuar.

Ratu Ati mengawali paparannya dengan memperlihatkan perubahan positif pada pembangunan di Kota Cilegon selama 20 tahun berdiri. Contohnya penghargaan sebagai daerah dengan tingkat pembangunan pertama se-Banten, bahkan masuk 10 besar di tingkat nasional.

“Pada aspek kesejahteraan, Kota Cilegon masuk urutan ke 3 setelah Tangsel dan Kota Tangerang. Tingkat kemiskinan pun menurun hingga 3,25 persen, Kota Cilegon predikat kedua di Banten tentang angka pengangguran terendah. Laju pertumbuhan ekonomi pun cukup cepat,yakni 5,5 persen di 2017,” katanya.

Ati pun memaparkan program unggulannya. Yakni mendorong pemusatan layanan masyarakat, interpretasi program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan lain-lain.

“Cukup banyak program yang akan dilakukan, termasuk pemerataan pembangunan melalui DPWKel, peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan, serta penyusunan regulasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” ujarnya.

Di akhir paparan, Ratu Ati sempat pamer kekuatan dukungan suara. Ia menyebutkan, sejumlah nama partai saat mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk mencalonkan diri.

“Saya berterima kasih kepada Partai Golkar, yang telah mendukung saya. Begitu juga Partai Gerindra, PAN, PKS, Partai Nasdem, PKB, PPP. Saya yakin koalisi yang telah terbangun selama ini, berdasarkan persamaan pandangan, yakni memajukan Kota Cilegon,” tuturnya.

Sementara itu, Calon Wakil Wali Kota Cilegon nomor urut 2 Reno Yanuar, memaparkan visi misinya dengan menggebu-gebu. Di depan para peserta paripurna, Reno menegaskan jika visi misi utama dirinya adalah membantu suksesnya kebijakan yang dibuat oleh Wali Kota Cilegon Edi Ariadi.

“Jika saya diberikan amanat ini, maka saya akan membantu Bapak Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, dalam menyukseskan seluruh kebijakan yang telah dibuat. Termasuk didalamnya akselerasi penyelesaian target RPJMD,” ucapnya.

Reno mengatakan, jika progres pembangunan Pemkot Cilegon banyak yang berjalan tidak sempurna. Selain dari target-target yang terselesaikan, banyak sekali program pembangunan yang tidak selesai.

“Banyak yang telah tercapai, tapi banyak pula yang tidak. Contoh kecilnya adalah pembangunan gedung setda, pembangunan JLU, Pelabuhan Warnasari, juga tandon-tandon untuk penanganan banjir,” katanya.

Sementara itu, Reno mengatakan jika dirinya akan mendorong sejumlah hal demi kepentingan Kota Cilegon. Di antaranya pemantapan kemandirian ekonomi daerah, memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), merevisi perda-perda yang tidak sesuai dengan realita lapangan, dan lebih banyak lagi.

“Saya juga akan mendorong agar Satpol PP menegakkan perda. Guna menciptakan kota yang bersih dan asri, penataan kota pun harus ditata ulang. Khususnya tata ruang kawasan industri, seperti di Kecamatan Ciwandan,” ujarnya.

Pada bagian lain, Ketua Panitia Pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon Syihabudin Syibli mengatakan, jika paparan visi misi tersebut akan dipelajari oleh seluruh anggota DPRD Kota Cilegon. Ini akan menjadi landasan para Dewan, untuk menentukan pilihan pada tahapan pemilihan suara, di Jumat (12/4/2019).

“Ini akan menjadi tolok ukur para anggota Dewan untuk memberikan pilihannya pada tahapan pemilihan suara nanti,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here