Sabtu, 15 Desember 2018

Pemantau Pemilu 2019 Sepi Pendaftar

SERANG, (KB).- Lowongan pemantau Pemilu 2019 tingkat Provinsi Banten masih sepi pendaftar. Sejak awal tahapan Pemilu 2019 hingga sekarang, belum ada satupun lembaga yang mendaftar menjadi pemantau ke Bawaslu Banten. Padahal, keberadaan pemantau penting untuk penguatan pengawasan pemilu.

Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudi mengatakan, pembukaan pendaftaran pemantau pemilu sudah berlangsung sejak tahapan Pemilu 2019 dimulai. ”Belum ada yang daftar, kami terbuka. Kalau di (Bawaslu) pusat sudah ada sekitar tujuh tapi untuk yang provinsi dan kabupaten/kota (di Banten) belum ada,” katanya, kemarin.

Ia belum mengetahui alasan lembaga di Banten tidak mendaftarkan diri sebagai pemantau. ”Saya belum paham juga, saya juga minta bantuan penyebarluasannya. Kalau di satu kabupaten/kota silakan (daftar) ke (Bawaslu) kabupaten/kota, kalau lebih dari satu kabupaten/kota ke provinsi,” ujarnya.

Pendaftar pemantau harus memiliki beberapa kelengkapan persyaratan. Yaitu memiliki badan hukum, bukan relawan calon atau parpol tertentu dan mampu membiayai secara mandiri. ”Kalau relawan enggak bisa jadi pemantau, karena dia nanti bias. Harus pembiayaan mandiri juga, silakan kalau mau cari founding tapi tidak atas (nama) Bawaslu maupun KPU,” katanya.

Lembaga pemantau memiliki beberapa kelebihan dibanding lembaga lain yang tidak terdaftar sebagai pemantau. Misalnya, mereka memiliki hak untuk langsung membuat laporan dugaan pelanggaran ke Bawaslu. Mereka juga memiliki akses untuk memeroleh data dari penyelenggara pemilu. ”Kemudian di MK juga mereka bisa menjadi pihak yang punya legal standing untuk melapor,” tuturnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Banten, Sam’ani berharap, ke depan ada lembaga di Banten yang bersedia menjadi pemantau. Sehingga bisa membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu. ”Bawaslu tentunya akan berupaya memaksimalkan seluruh sumber daya pengawas pemilu dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai di level kelurahan/desa. Akan tetapi sumber daya yang dimiliki Bawaslu tidak cukup jika melihat luasnya daerah geografis dan kendala teknis lainnya,” katanya.

Lembaga yang berminat menjadi pemantau pemilu dapat mengakses informasi lengkap melalui website resmi Bawaslu Banten. ”Adapun persyaratan umum jika ingin mendaftar adalah lembaga tersebut bersifat independen, non partisan dan mempunyai sumber dana yang jelas. Adapun informasi lebih lengkap bisa diakses melalui website Bawaslu Provinsi Banten di www.banten.bawaslu.go.id. Pendaftaran dibuka hingga 10 April 2019,” katanya. (SN)*


Sekilas Info

Jalur Maut di Jalan Raya Serang-Cilegon

Jalur maut, begitu kira-kira masyarakat menyebut ruas jalan raya Serang-Cilegon, tepatnya dari trafficlight Pondok Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *