Pemandi Jenazah di Kota Serang Akan Dapat Insentif

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana memberikan insentif bagi pemandi jenazah di Kota Serang. Sebelumnya, Pemkot Serang merencanakan pemberian insentif untuk guru mengaji yang saat ini sedang dalam proses pendataan.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, jasa pemandi jenazah sangat bermanfaat. Namun, belum ada perhatian khusus, sehingga dikhawatirkan tidak ada lagi orang yang mau memandikan jenazah.

“Rencananya di anggaran hibah Dinsos untuk insentif pemandi jenazah, karena tidak banyak, satu kelurahan satu orang,” katanya, Ahad (24/3/2019).

Pihaknya akan memberikan insentif dengan leading sector Dinas Sosial (Dinsos) dan pelatihan-pelatihan cara memandikan jenazah dengan leading sector Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Dari masyarakat untuk belajar memandikan jenazah, paling penting muda-mudi,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Serang Dinar Tri Cahyani mengatakan, pihaknya siap untuk menjadi leading sector untuk menjalankan kebijakan tersebut. Namun, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu skema yang akan digunakan dengan Bagian Hukum Pemkot Serang.

“Kami mau ngobrol sama Bagian Hukum saja dulu, takutnya kami salah langkah. Memang kemarin pak wakil mengarahkan ke Dinsos, kalau Dinsos kan punya potensi sumber kerja sosial yang namanya relawan sosial nanti akan dimasukkan ke sana. Cuma kami juga rencananya akan ke Bagian Hukum dahulu,” ucapnya.

Selain itu, tutur dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan bagian pemakaman di Dinas Perumahan Rak-yat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Serang. Untuk insentifnya, direncanakan tiap bulan layaknya insentif guru mengaji. “Makanya, kami mau ke Bagian Hukum dulu takutnya salah langkah,” katanya.

Untuk besaran honornya, dia belum bisa memastikan, karena saat ini masih dalam proses pengkajian dan pendataan oleh setiap kelurahan di Kota Serang. “Kemarin kami sudah meminta ke tiap-tiap kelurahan, kriterianya yang lebih paham mungkin pak lurah, kemudian diklarifikasi ulang lagi,” ujarnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here