Peluang Industri EO Makin Besar

SERANG, (KB).- Peluang industri event organizer (EO) di Indonesia pada era 4.0 semakin besar. Hal itu terbukti antara lain dengan banyaknya investor yang tertarik menanamkan modalnya pada sejumlah perusahaan penyelenggara pameran di Indonesia.

Demikian dikemukakan Romi, Direktur PT Seven (penyelenggara Gaikindo Indonesia International Auto Show/GIIAS), saat menjadi narasumber pada Seminar Nasional “Peluang Industri Event Organizer di Era 4.0” di Auditorium Lantai 6 Universitas Serang Raya (Unsera), Kamis (23/1/2020).

Kegiatan yang digelar mahasiswa semester V Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unsera ini dibuka Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati. Selain Direktur PT Seven, Romi, narasumber lainnya adalah Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Banten Deden Sunandar dan Kabag Marketing, Humas, dan Kerja Sama Unsera Liza Dinia Rizky P.

Seminar yang dihadiri Kaprodi Ilmu Komunikasi Fisip Unsera Sigit Surahman dipandu Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Asperapi Banten Rachmat Ginandjar dan Fanny Aulia dari Unsera. Selain mahasiswa Unsera, peserta seminar ini dari perguruan tinggi lainnya di Banten seperti Untirta. Bahkan ada peserta dari luar Banten seperti Depok.

Dalam seminar tersebut terungkap, selain banyaknya investor yang tertarik menanamkan modalnya pada sejumlah perusahaan penyelenggara pameran, bukti lain besarnya peluang industri event organizer ini adalah meningkatnya jumlah event dalam tahun-tahun terakhir ini.

Jenis event yang jumlahnya meningkat cukup signifikan adalah pertunjukan musik. Jenis event lainnya yang meningkat adalah penyelenggaraan event MICE, dan olah raga.

Romi menegaskan, penghasilan dari industri event ini cukup signifikan. Bahkan, katanya, dari sebuah kegiatan pameran yang dikelola secara profesional bisa meningkatkan perekonomian masyarakat maupun pemasukan bagi pemerintah daerah.

“Nggak mungkin kan saya bertahan puluhan tahun di usaha seperti ini jika tidak ada penghasilannya yang cukup,” katanya.

Dia kemudian memberikan tips bagi peserta seminar yang ingin bergelut di bidang industri event seperti pameran. Menurut Romi, orang yang ingin bekerja di dunia pameran harus mampu membuat konsep dan kreatif. Selain itu, dia harus mampu bekerja secara tim dan mempunyai jaringan yang luas.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nucahyati sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar mahasiswa Unsera ini. Dia menilai kegiatan ini seiring dengan program pemerintah pusat dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here