Pelayanan Disdukcapil Kota Serang Gratis

SERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang memastikan, semua pelayanan dokumen kependudukan diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Sekretaris Disdukcapil Kota Serang Hudori KA mengatakan, semua pejabat yang ada di Disdukcapil tidak pernah memerintahkan untuk memungut bayaran bagi masyarakat, yang mengurus semua dokumen kependudukan.

“Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat, Disdukcapil tidak pernah melakukan pungutan terhadap setiap pelayanan, tidak pernah ada,” katanya di ruang kerja, Jumat (4/10/2019).

Menurut dia, jika ada masyarakat yang keluar uang saat mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil, harus dipastikan, bahwa orang tersebut, sudah mengikuti sesuai prosedur yang benar.

“Kembalikan ke yang bersangkutan, kalau ngurusnya melalui orang (calo), ya itu mah jasa orang kali, bayar jasa,” ujarnya.

Ia menuturkan, hal tersebut, seringkali terjadi pada masyarakat yang ingin instan atau merasa memiliki kenalan di Disdukcapil, sehingga mereka memilih untuk tidak mengikuti prosedur dan merugikan warga yang sudah antre atau menunggu berbulan-bulan.

“Konsumen kan kadang-kadang ingin melabrak aturan, cari kenalan karena ingin cepat, risiko dia itu (keluar uang),” ucapnya.

Tetapi, tutur dia, jika ada masyarakat yang sudah sesuai prosedur dan tetap diminta bayaran. Maka, hal tersebut, kemungkinan dilakukan oleh oknum dan bisa dilaporkan sebagai pungutan liar (pungli).

“Yang pasti Disdukcapil tidak pernah memerintahkan langsung ataupun tidak langsung untuk memungut biaya terkait pelayanan dokumen kependudukan,” katanya.

Pihaknya, ujar dia, terus melakukan pengawasan untuk menghindari hal-hal seperti itu terjadi. Namun, dengan kondisi minimnya SDM, membuat pengawasan tersebut, tidak bisa dilakukan secara terus-menerus sepanjang waktu.

“Semua petugas pelayanan, operator yang di depan itu bukan ASN dan bukan PPPK, yang ASN itu hanya pejabatnya. Bayangkan di Kota Serang yang inflasinya tinggi, gaya hidupnya metropolis, kami kasih honor mereka Rp 1 juta,” ucapnya. (Masykur/YA)*

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here