Pelatda Pra PON Softball, Perbasasi Banten Geber Latihan Malam & Gelar TC

TANGERANG, (KB).- Pengprov Persatuan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Banten menambah jam latihan, untuk tim Pelatda Pra PON. Hal tersebut dilakukan karena jadwal pelaksanaan Pra-PON cabor baseball dan softball tersebut semakin dekat.

Alasannya, selain menggelar latihan hampir setiap hari, mereka pun berlatih pada malam hari selama Ramadan.

“Ya, kita gelar latihan malam hari, karena dengan waktu yang tersisa sulit buat kita untuk menambah kekuatan pemain kalau hanya latihan dua kali dalam sehari,” ujar Ketua Deputy Softball Pengprov Perbasasi Banten Andri Maulana.

Meski begitu, ia mengatakan latihan pada malam hari terkendala dengan penerangan yang masih minim. Namun diakui mantan pemain softball tersebut, penerangan yang ada masih bisa dimaksimalkan pelatih dan pemain dalam berlatih pada malam hari.

Lebih jauh diungkap Andri selain melakukan latihan malam hari untuk mematangkan kekuatan tim softball Banten, rencananya mulai Senin (27/5) akan digelar pemusatan latihan alias TC sentralisasi. Dimana semua pemain, pelatih dan ofisial tim akan melakoni latihan berpusat di kawasan Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Dipilihnya kawasan sport center karena Pengprov Perbasasi pimpinan dr Zaenal Muttaqien mendapat pinjaman fasilitas dari Pemkab Tangerang. Dimana ruang yang ada di GOR bisa digunakan sebagai penginapan dari atlet, pelatih dan ofisial tim.

Sementara itu, Pelatih tim softball putra Banten Steven Pattiwael menyatakan, sejauh ini pihaknya terus mengembangkan kemampuan pemain dalam semua sisi. Itu karena saat ini pemain sedang menjalani tahapan program pra kompetisi. Dimana semua kemampuan harus bisa diterapkan dalam pertandingan sesungguhnya.

“Semua program kami jalankan mulai dari batting (pukulan), game situation (situasi pertandingan) sampai bagaimana Cut of Man (mematikan pemain lawan), ini perlu dilatih terus agar bisa optimal,” ujar Steven.

Ditambahkan Steven, sejauh ini pihaknya juga butuh wadah untuk bisa mengoreksi peningkatan kemampuan atlet dalam hal menggelar uji coba. Oleh karenanya, dalam setiap akhir pekan tim softball putra wajib menjalani agenda uji coba.

Itu dibutuhkan agar bisa mengetahui apakah materi latihan yang diberikan mampu diserap atlet dan mengevaluasi kekurangan.

“Seperti, dua pekan lalu kita kalah dari DKI Jakarta yang sebelumnya kita kalahkan beberapa kali. Ada beberapa kekurangan yang bisa kami jadikan bahan evaluasi, dan itu telah kami benahi pekan lalu. Oleh karena itu, penting bagi kami sebuah uji coba di akhir pekan,” tuturnya. (YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here