Pelantikan Ratu Ati Marliati Sebagai Wakil Wali Kota Cilegon Dikonsultasikan Lagi

SERANG, (KB).- Pemprov Banten akan berkonsultasi lagi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait berkas pelantikan Ratu Ati Marliati sebagai Wakil Wali Kota Cilegon, yang juga diusulkan kembali Pemkot Cilegon, Senin (10/6/2019).

Sebelumnya, berkas usulan pelantikan Ati pernah dikembalikan oleh Pemprov Banten ke Pemkot Cilegon. Sebab, lampiran berkas berupa rekomendasi partai yang ada hanya dari tingkat Kota Kota Cilegon. Sementara menurut aturan harus dari tingkat pusat.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti berkas usulan yang kembali diusulkan Pemkot Cilegon. Namun, pemprov terlebih dahulu akan berkonsultasi ke kemendagri. Pihaknya mencoba mencari celah apakah berkas dari Pemkot Cilegon tersebut bisa diterima atau tidak.

“Kelengkapan administrasi, (masih rekomendasi) DPC. Kita sedang buat appointment (janji) dengan Kemendagri,” katanya, di Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Rabu (12/6/2019).

Ia menuturkan, Pemkot Cilegon sudah beberapa kali diminta memperbaiki lampiran berkas berupa rekomendasi partai dari tingkat pusat. Hal itu sebagaimana sudah disarankan oleh Kemendagri.”Kami sudah sampaikan ke pihak Cilegon, sudah ketiga kalinya agar melengkapi. Setelah kita konsultasikan,” ujarnya.

Saran Kemendagri

Dia mengatakan, Kemendagri telah memberikan masukan agar dilengkapi surat dari semua partai pengusung yang ditandatangani oleh ketua umum atau sekretaris jenderal. Selain itu, rekomendasi partai politik (parpol) pengusung harus dua nama yaitu Ratu Ati Marliati dan Reno Yanuar.

“Waktu Pak Iman dan Pak Edi itu kan kalau enggak salah sembilan atau sepuluh, harus ada dari semua. Masing-masing rekomendasi juga harus dua nama Bu Ati dan Pak Reno (Yanuar). Kalau Cilegon tidak mau ada pengulangan, ya lengkapi saja itu dari DPP,” ucapnya.

Ia menegaskan, pemprov tidak bermaksud memperlambat proses pengisian Wakil Wali Kota Cilegon yang sampai saat ini masih kosong. Apa yang dilakukan pemprov sudah sesuai dengan aturan yang tertulis.

Diketahui, pada pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon, Ati berhadapan dengan Reno. Ati keluar sebagai pemenang dengan 28 suara anggota DPRD Kota Cilegon. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here