Pelantikan Presiden, Polda Banten Siapkan 1.500 Personel

SERANG, (KB).- Sebanyak 1.500 personel disiapkan Polda Banten untuk mengamankan wilayah Banten saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2014 di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Untuk mengecek kesiapan personel tersebut, Polda Banten melaksanakan apel gelar pasukan di halaman Mapolda Banten, Jalan Syekh Namawi Al Batani, Serang, Jumat (18/10/2019) pukul 07.30 WIB.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolda Banten Irjen Pol  Tomsi Tohir. Dalam amanatnya, Kapolda menjelaskan apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polda Banten dalam menciptakan situasi keamanan yang aman dan kondusif.

Selain itu, apel gelar pasukan ditujukan untuk mengantisipasi kerawanan gangguan kamtibmas yang akan terjadi menjelang dan pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Kapolda meminta kepada seluruh personel keamanan harus betul-betul memahami dan menguasai tugas secara terperinci dalam menghadapi segala perkembangan situasi yang terjadi.  

“Laksanakan pengamanan secara sungguh-sungguh sesuai dengan SOP yang berlaku,” ujarnya.

Pada bagian lain, Kapolda mengingatkan seluruh personel tidak lupa berdoa sebelum melaksanakan aktivitas pengamanan serta bekerja dengan tulus dan ikhlas

“Semoga hal ini dapat menjadi ladang ibadah dan berkah bagi kita serta diberikan keselamatan pada setiap rangkaian kegiatan pengamanan,” katanya.

Seluruh personel juga diingatkan untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari berbagai potensi gangguan dan ancaman yang ada dalam setiap kegiatan, terutama pada saat melaksanakan pengamanan di lapangan.

“Terus, lengkapi inventaris gampol perorangan dalam setiap pelaksanaan pengamanan,” ujarnya.

Menurut kapolda, personel keamanan jangan under estimate. Sebaliknya, aparat keamanan harus over estimate menyikapi setiap perkembangan situasi kamtibmas.

Selain itu, lanjut Kapolda, tingkatkan pengamanan personel dengan metode buddy system untuk saling melindungi setiap kegiatan pengamanan. Setiap anggota pun diminta untuk meningkatkan inter personal skill di lapangan terhadap potensi gangguan/ancaman/teror yang mungkin terjadi.

Selain Kapolda Banten, turut hadir dalam apel gelar pasukan Danrem 064/MY Kolonel Inf Windiyatno, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan unsur Forkopimda lainnya. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here