Pelantikan DPD Perank Kota Cilegon, Edi Ariadi: Memerangi Narkoba Harus Bersama-sama

CILEGON, (KB).- Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, untuk memerangi narkotika dan obat berbahaya (narkoba) perlu kerja sama berbagai pihak. Sehingga, selain bisa mencegah dalam penyalahgunaan narkoba, juga grafik pengguna narkoba bisa menurun.

“Saya ingin adanya kerja sama dalam rangka melindungi generasi muda dengan memberikan alternatif-alternatif aktivitas yang bermanfaat guna mengisi waktu luang, agar dapat terhindar dari pengaruh negatif bahaya narkoba,” katanya saat menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Anti Narkotika (Perank) Kota Cilegon, di Aula Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Kamis (6/9/2018).

Menurut dia, dalam melindungi generasi muda dari bahaya narkoba perlu adanya kerja sama dari pihak Badan Narkotika Nasional (BNN), pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta komunitas lokal. Ia meminta Perank Kota Cilegon aktif menyuarakan anti narkoba kepada seluruh elemen masyarakat, mengingat Kota Cilegon sebagai daerah transit. Oleh karena itu, perlu pengawasan yang ketat.

Ia mengimbau, agar DPD Perank Cilegon dapat terus meningkatkan kualitas pemahaman tentang bahaya dan dampak negatif dari narkoba, agar tidak disalahgunakan oleh setiap kalangan masyarakat. Apalagi para pelajar yang merupakan generasi penerus.

Sementara itu, Ketua Terpilih Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Anti Narkoba (DPD Perank), Hidayatullah menuturkan, setelah pelantikan tersebut, pihaknya akan melakukan program sosialisasi secara masif, terstruktur, dan terorganisir. Sosialisasi tersebut akan dilakukan di sekolah-sekolah, majelis taklim, rumah tangga (keluarga), dan lingkungan.

“Insya Allah, apa yang dikatakan oleh pak plt, akan kami laksanakan dan kami akan melakukan sosialisasi. Selain ke sekolah, kami juga akan melakukan sosialisasi anti narkoba ini kepada khalayak ramai, mulai dari komunitas dan elemen masyarakat dan kami nyatakan perang melawan narkoba,” ucapnya.

Selain melakukan sosialisasi, tutur pria yang akrab disapa bung Dayat tersebut, dia berinsiatif akan membuat kampung anti narkoba. “Rencananya, di Kecamatan Pulomerak, nanti akan disurvei di kelurahan mana untuk dijadikan kampung anti narkoba. Ada berbagai aktivitas di kampung anti narkoba tersebut, seperti pemberdayaan masyarakat. Kenapa Pulomerak, karena dari situ pintu gerbang untuk masuk Pulau Jawa,” ujarnya.

Hadir dalam pelantikan DPD Perank Kota Cilegon, Ketua DPP Perank, Tubagus Usman, Dewan Pakar Perank Indonesia Provinsi Banten, Nanang Sunarto, Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Cilegon, AKBP Asep Mukhsin Jaelani, Kasatresnarkoba Polres Cilegon, AKP Dedi Hermawan, serta ratusan tamu undangan lainnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here