Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Serang Belum Jelas

SERANG, (KB).- Sekretariat DPRD Kabupaten Serang belum bisa memastikan waktu pelaksanaan pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang terpilih periode 2019-2024.

Hal tersebut, dikarenakan sekretariat masih harus menunggu hasil putusan sengketa Pemilihan Legislatif 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang berakhir Jumat (9/8/2019).

Sekretaris DPRD Kabupaten Serang Odi Budiono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Biro Pemerintahan kaitan dengan rencana pelantikan dewan tersebut. Mereka menyampaikan, bahwa untuk pelantikan DPRD Kabupaten Serang masih menunggu Jumat (9/8/2019).

“Jadi, belum ada kepastian (pelantikan), kami dari Sekretariat DPRD mah tinggal menunggu,” katanya saat ditemui Kabar Banten di kantornya, Rabu (7/8/2019). Namun, ujar dia, anggota DPRD periode 2014-2019 tersebut jabatannya akan berakhir pada Selasa (3/9/2019).

Dengan demikian, ucap dia, tentunya pelantikan akan dilaksanakan sesuai dengan berakhirnya jabatan tersebut. “(Anggota dewan sekarang) berakhirnya sampai ditetapkannya yang baru, tanggal 3 September, setelah putusan MK selesai tanggal 9 Agustus,” tuturnya.

Mengenai persiapan pelantikan, dia memastikan, tidak menganggarkan pakaian sipil lengkap (PSL) untuk anggota dewan yang akan dilantik, karena menurut dia, sebelum dilantik mereka belum menjadi anggota, sehingga belum punya hak.

“Jadi masing-masing saja, hanya kami berikan ketentuan bajunya, kalau saya sih inginnya seragam, tetapi anggarannya tidak memungkinkan dalam artian nanti salah lagi, keuangan dewannya kan belum punya hak,” katanya.

Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kabupaten Serang Wawan Ikhwanudin menuturkan, jika putusan MK sudah berakhir pada Jumat (9/8/2019) dan tidak ada masalah, maka selanjutnya tinggal menunggu SK dari Provinsi Banten untuk dilakukan pelantikan.

“Mudah-mudahan sebelum tanggal itu sudah selesai, karena melihat berhentinya (anggota DPRD) berhentinya tanggal 3 September 2019,” ujarnya saat ditemui Kabar Banten di ruangannya, kemarin.

Namun, untuk sementara waktu, pelantikan diagendakan Selasa (3/9/2019). Sesuai dengan masa habis jabatan anggota dewan tersebut. “Tapi kalau lewat, maka selama kosong itu anggota dewan tidak boleh ambil keputusan,” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk persiapan pelantikan kemungkinan mereka akan menyiapkan sendiri pakaiannya. “Yang terpenting sesuai protap, pakaian yang dikenakan hitam atau warna gelap, dasi merah, dan memakai peci,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here