Pelantikan Anggota DPRD Cilegon 2019-2024, Isu Pengangguran dan Kesejahteraan Jadi Sorotan

CILEGON, (KB).- Sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon periode 2019-2024 dilantik, Rabu (4/9/2019). Mereka resmi menjadi anggota dewan setelah mengucapkan sumpah janji anggota DPRD Kota Cilegon Masa Jabatan 2019-2024.

Untuk diketahui, dari 40 anggota dewan terpilih tersebut, 14 di antaranya merupakan muka lama. Mereka resmi menjadi anggota legislatif berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Banten Nomor: 171.3/Kep.252-Huk/2019.

Ditetapkan juga pada paripurna, anggota dewan terpilih dari Partai Golkar Endang Effendi ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon sementara. Mendampingi Endang sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon sementara, tidak lain anggota dewan terpilih dari Partai Gerindra, yakni Sokhidin.

Usai pelantikan, sejumlah anggota dewan mengatakan, jika isu lapangan kerja dan tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon akan menjadi fokus mereka. Seperti halnya dikatakan Edison Sitorus dari Partai Amanat Nasional (PAN), menurut dia, tingkat pengangguran di Kota Cilegon terbilang mengkhawatirkan.

“Khusus di Dapil 2 Citangkil-Ciwandan, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Ini penting untuk menjadi perhatian, bagaimana ke depan mereka mendapatkan kesempatan bekerja di Kota Cilegon,” katanya.

Menurut dia, minimnya kesempatan kerja berimbas pada tingkat kesejahteraan masyarakat Cilegon. Untuk itulah, dia akan berusaha untuk mendorong adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Cilegon adalah kota industri, tapi masih ada masyarakat yang hidupnya jauh dari istilah sejahtera. Itu pun harus menjadi perhatian,” ujarnya.

Senada dikatakan anggota dewan dari Partai Demokrat Muhamad Ibrohim Aswadi. Menurut dia, tidak patut jika masyarakat Kota Cilegon kesulitan mendapatkan pekerjaan. “Miris jika Cilegon dengan gelar kota industri, tapi masyarakatnya tidak mendapatkan kesempatan kerja. Harus ada sistem yang mampu menjamin masyarakat, mendapatkan pekerjaan di wilayahnya sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian berpesan, agar perwakilan partainya di DPRD Kota Cilegon bekerja untuk kepentingan rakyat. “Saya sudah memberikan amanat kepada para anggota dewan dari Partai Berkarya, mereka harus bekerja untuk rakyat Kota Cilegon. Mereka harus peka dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini,” tuturnya.

Susun AKD

Ketua DPRD Kota Cilegon sementara Endang Effendi menuturkan, dalam satu bulan ke depan, pihaknya akan fokus menyusun alat kelengkapan dewan (AKD). Kegiatan tersebut, mulai dari pemilihan unsur pimpinan definitif, badan musyawarah, komisi, badan legislasi daerah, badan anggaran, badan kehormatan, dan lain-lain.

“Satu bulan ini kami akan fokus untuk pembentukan AKD, sehingga Oktober nanti, para anggota dewan bisa langsung fokus bekerja sesuai tupoksi,” katanya.

Bicara tentang jumlah komisi, dia mengatakan, hal tersebut akan mengacu pada aturan yang ada. Kabarnya, jumlah komisi akan bertambah dari sebelumnya tiga menjadi empat komisi. “Itu pun nanti akan dimusyawarahkan. Apakah memang akan bertambah menjadi empat atau tetap tiga komisi,” ujarnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here