Pelamar CASN Kabupaten Serang Diprediksi Capai 12.000

SERANG, (KB).- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang mengestimasikan pendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Serang mencapai 12.000 orang.

Hal tersebut didasarkan pada jumlah tahun lalu ditambah adanya penambahan kuota tahun ini yang mencapai 411 formasi.

Kepala Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mohamad Ishak Abdul Raup mengatakan, pendaftar estimasi tahun kemarin sekitar 12.000.

“Kami estimasi tahun ini sama. Apalagi formasi Kami bertambah jadi 411,” katanya kepada Kabar Banten, Selasa (12/11/2019).

Ia menuturkan, pendaftaran CASN sudah dibuka mulai Senin hingga Ahad (11-24/11/2019). Setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi berkas. Karena, pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Seleksi CASN Nasional (SSCN), maka kelulusan juga akan dumumkan melalui website.

Setelah itu, bagi yang dinyatakan lulus administrasi, mereka baru akan melaksanakan tes computer assisted test (CAT) pada Februari 2020 dan dilanjutkan seleksi kompetensi dasar (SKD). Kemudian,bagi yang lulus, pada Maret akan dilakukan seleksi bidang.

“Baru kemudian April pengumuman siapa yang lulus dan enggak, kami kuotanya 411 orang,” ujarnya.

Disinggung soal masih banyaknya keluhan masyarakat tentang server pendaftaran yang down dan baru bisa diakses pukul 23.00 WIB, menurut dia, itu terjadi di seluruh Indonesia. Hal tersebut, terjadi, karena masih ada daerah yang validasi formasi dan dikirimkan kembali ke BKN.

“Ada beberapa kabupaten yang tidak di-ACC (setujui). Kalau kami sudah beres, jadi tidak ada masalah formasi,” ucapnya.

Ia menuturkan, formasi CASN di Kabupaten Serang bisa diakses oleh seluruh Indonesia, sehingga akan banyak masyarakat dari luar daerah yang mencari formasi yang cocok di Kabupaten Serang. “Itu dimungkinkan (server down),” tuturnya.

Sementara, untuk persiapan pelaksanaan tes, kata dia, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan PLN selaku penyedia daya listrik. Jangan sampai ketika tes berlangsung ada pemadaman. Pihaknyasudah mengantisipasi dengan menyediakan genset jika memang masih ada pemadaman.

Kemudian, dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak percaya terhadap calo dalam rekrutmen CASN. Hal tersebut dikarenakan rekrutmen CASN dilakukan gratis dan tanpa pungutan.

“Untuk masyarakat kan kami sekarang ini (rekrutmen CASN) di pusat dan disatukan seluruh Indonesia. Walau beda daerah kepada masyarakat jangan sampai tergiur adanya isu yang menyatakan ada permaianan atau calo, insyallah Kabupaten Serang gratis dan tidak ada pungutan,” katanya.

Ia mengatakan, meski saat ini banyak beredar isu tersebut, namun untuk yang mengatasnamakan BKPSDM Kabupaten Serang belum terjadi. Ia belum pernah mendengar. “Saya belum dengar,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here